logo

Kampus

Bantu Disabilitas Berlatih Public Speaking, Unpad Kembangkan Laman Disabisa

Bantu Disabilitas Berlatih Public Speaking, Unpad Kembangkan Laman Disabisa
Tampilan muka layar laman Disabisa (Unpad)
Bunga NurSY, Kampus17 Desember, 2021 09:47 WIB

Eduwara.com, BANDUNG—Universitas Padjajaran mengembangkan laman Disabisa untuk membantu kalangan disabilitas melatih kemampuan bicara di depan umum (public speaking). 

Laman “Disabisa” diinisiasi dan dikelola oleh empat dosen Fikom Unpad, yaitu Dr. Ira Mirawati, M.Si., Putri Limilia, M.Si., Jimi Narotama Mahameruaji, M.Si., serta Dr. Herlina Agustin, M.T. Disabisa dikembangkan untuk membantu teman disabilitas dalam menemukan, mengeksplorasi, dan melatih kemampuan public speaking.

“Jika mereka memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain, mereka akan memiliki kemampuan untuk menjadi penyaji efektif,” jelas Ira seperti dikutip dari situs resmi Unpad, Jumat (17/12/2021).

Dia menambahkan, keterbatasan bukan berarti penghalang untuk tampil dan menjadi pembicara ulung. Upaya tersebut diwujudkan melalui pengembangan laman “Disabisa” atas kerja sama Fakultas Ilmu Komunikasi dengan Pusat Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Unpad.

Disabisa berisi video ajar yang dirancang untuk memandu teman disabilitas untuk menyadari kesempatan dirinya menjadi pembicara, menemukan kelebihan dalam diri, memahami berbagai profesi relevan yang dapat dijalani kelak, melatih kemampuan menyampaikan materi, melatih suara, hingga melatih penggunaan bahasan nonverbal.

“Pada tahun pertama, inovasi ini ditujukan terlebih dahulu untuk difabel netra dan teman daksa,” kata Ira.

Laman ini dibangun dengan dukungan Hibah Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Asistif bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Ditjen Dikti. Disabisa dapat diakses di disabisa.unpad.ac.id.

“Dengan adanya Disabisa, semoga para penyandang disabilitas dapat mengaksesnya kapan pun dan dimana pun dengan komputer atau smartphone yang mereka miliki,” tutup Ira.

Read Next