logo

Kampus

Bantu Kelola Keuangan UMKM, UPITRA Kenalkan Smart Kasir

Bantu Kelola Keuangan UMKM, UPITRA Kenalkan Smart Kasir
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UPITRA Surakarta memperkenalkan dan memberi pelatihan tentang sistem Smart Kasir pada UMKM Marni Salon. (EDUWARA/Dok. UPITRA)
Setyono, Kampus04 Oktober, 2024 20:15 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Berupaya membantu pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di wilayah Surakarta, khususnya pada tata kelola keuangan, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Pignatelli Triputra (UPITRA) memperkenalkan dan memberi pelatihan tentang sistem ‘Smart Kasir’.

Tim PKM UPITRA yang diketuai dosen Program Studi (Prodi) D3 Akuntansi Fakultas Vokasi, Dewi Kartikasari, memilih Marni Salon yang beralamat di Blumbangrejo RT 02 RW 06 Kartasura sebagai mitra pengabdian. 

Marni Salon sudah beroperasi sejak 25 tahun lalu, namun dalam proses pembayarannya masih manual. Melalui pelatihan Smart Kasir, Dewi berharap seluruh proses transaksi keuangan di Marni Salon dapat dilakukan secara digital tanpa menggunakan nota manual lagi.

“Usaha Marni Salon menjual jasa salon, seperti potong rambut, creambath, toning, rebonding, smoothing, keriting, make up, sanggul, dan sebagainya. Saya melakukan pendampingan mulai 1 Agustus 2024 sampai 5 Oktober besok,“ kata Dewi, Jumat (4/10/2024).

Dalam pendampingan ke Marni Salon, Dewi dibantu Maria Rosa Kumala Dewi dari Prodi D3 Akuntansi dan Imanuel Zega dari Prodi S1 Sistem Informasi. Mereka juga dibantu mahasiswa Prodi D3 Akuntansi, Okayo Yosefin Gunawan.

Dewi memaparkan pelatihan ini memilih Marni Salon sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan sistem Smart Kasir. Saat ini, sistem Smart Kasir adalah sarana penting dalam pengelolaan keuangan digital.

“Setelah pelatihan dan pendampingan cara penggunaan sistem Smart Kasir, kami juga memberikan peralatan sistem Smart Kasir berupa printer dan tablet guna menunjang transaksi keuangan,” lanjutnya.

Kemajuan Usaha

Pemilik Marni Salon, Sumarni, sangat berterima kasih dan mengapresiasi apa yang sudah diberikan tim PkM UPITRA guna membantu kemajuan usahanya dalam pengelolaan keuangan melalui sistem Smart Kasir.

“Sebelumnya, usaha saya masih manual dalam pengelolaan keuangan, namun sekarang sudah bisa mengelola keuangan secara digital dan bisa melakukan print nota transaksi secara digital tanpa menggunakan nota manual lagi,” ujarnya.

Setelah mengikuti kegiatan ini, Sumarni mengaku seluruh karyawannya semakin memahami cara mengelola keuangan melalui sistem Smart Kasir.

Program PkM dilaksanakan UPITRA sebagai upaya mendukung pengembangan berbagai UMKM di Surakarta, termasuk Marni Salon. Berbagai program yang dijalankan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan UMKM.

Read Next