logo

Kampus

BMKG Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Jenderal Soedirman

BMKG Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Jenderal Soedirman
Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Mohamad Muslihhuddin, SH, MH mewakili Sekretaris Utama BMKG melakukan penandatangan kerjasama terkait pelaksanaan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman yang diwakili oleh Dekan FISIP Unsoed, Dr. Wahyuningrat, M.Si. (BMKG)
Bunga NurSY, Kampus02 Desember, 2021 09:28 WIB

Eduwara.com, PURWOKERTO—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyepakati kerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dalam kerangka program Merdeka Belajar—Kampus Merdeka.

Dalam kerja sama ini, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsoed program studi ilmu komunikasi berkesempatan melakukan magang di BMKG, dan bertugas membantu memaksimalkan proses diseminasi informasi, dengan membuat konten-konten positif berisikan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika untuk khalayak.

Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG Mohamad Muslihhuddin mengatakan bahwa fungsi dan peran BMKG dalam menyebarluaskan informasi early warning meteorologi, klimatologi dan geofisika (MKG) sudah dilakukan secara masif dan pemanfaataannya juga sangat luas untuk beberapa sektor seperti sektor pertanian, perikanan, hingga pariwisata.

“Dalam mendiseminasikan informasi MKG, humas sebagai corong terdepan dalam sebuah organisasi atau lembaga memiliki fungsi dan peranan penting, khususnya dalam mengemas pesan atau konten sehingga bisa diterima dan dipahami oleh masyarakat. Inovasi maupun pemanfaatan teknologi juga sangat dibutuhkan untuk mendukung penyebarluasan informasi,” katanya melalui siaran pers BMKG, Rabu (01/12/2021).

Sementara itu, Dekan FISIP Unsoed Wahyuningrat dalam sambutannya juga memberikan apresiasi kepada BMKG karena telah mendukung program Merdeka Belajar—Kampus Merdeka ini.

Menurutnya, pelaksanaan MBKM ini menjadi sarana untuk mahasiswa untuk dapat mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun ruang lingkup dari kerjasama ini antara lain; kegiatan magang/praktik kerja dalam rangka pelaksanaan program merdeka belajar-Kampus Merdeka hingga peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan, konferensi, seminar workshop, webinar, sosialisasi dan /atau kuliah umum.

Read Next