logo

Kampus

Cerita Mahasiswa UMM Asal Mesir Yang Merayakan Empat Kali Lebaran di Indonesia

Cerita Mahasiswa UMM Asal Mesir Yang Merayakan Empat Kali Lebaran di Indonesia
Fathul Muin, Kampus05 Mei, 2022 20:23 WIB

Eduwara.com, MALANG—Pengalaman merayakan Idulfitri jauh dari kampung halaman ikut dirasakan mahasiswa luar negeri yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Rania Hamdi Ramadan Elsayed Mohammed Elsaba, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang asal Mesir.

Tahun ini merupakan tahun keempat Rania merayakan Idulfitri di Indonesia. Menurutnya, tidak ada perbedaan yang jaut terkait perayaan antara Indonesia dan Mesir. Dia mengatakan banyak pula orang yang mudik ke daerah asal.

“Sejujurnya jauh dari keluarga itu tidak mudah dan tidak akan pernah mudah. Namun beruntung, saya berada di negara mayoritas muslim seperti Indonesia yang masih memberikan euphoria lebaran meskipun sedikit berbeda di negara saya.  Beberapa teman Indonesia saya banyak yang pulang ke kampung halaman, jadi terasa agak sepi,” ujarnya, Kamis (5/5/2022).

Rania menyebutkan makanan favorit saat Lebaran di Indonesia bukanlah opor ayam tetapi justru bakso khas Malang yang dapat dengan mudah ditemui. “Saat makan bakso Malang, suasana hati yang sedih langsung bisa terobati. Apalagi banyak yang berjualan kan disini,” ujarnya.

Dia juga menyukai menikmati Lebaran bersama teman dekatnya yang juga mahasiswa asing karena merasa memiliki nasib yang sama. Biasanya, usai salat  Idulfitri, mereka berkumpul, memasak bersama, makan bersama seraya menonton film.

Rania juga  sangat bahagia meski harus merayakan Idulfitri di Indonesia. Hal itu tidak lepas dari orang-orang Indonesia yang ramah dan suka memberikan senyum. Bahkan beberapa kali ia menerima bingkisan untukdinikmati bersama kawan-kawannya.
“Orang Indonesia itu ramah sekali. Saya tidak bisa memungkiri hal itu. Saat mereka tersenyum kepada saya, senyuman mereka terasa damai dan menenangkan. Alhamdulillah meski jauh dari keluarga, saya dikelilingoleh teman-teman dan masyarakat yang ramah,” ungkap Rania.

 

Read Next