logo

Kampus

Dari Wisuda UNY, Dua Mahasiswa Berprestasi Berasal dari Keluarga Buruh

Dari Wisuda UNY, Dua Mahasiswa Berprestasi Berasal dari Keluarga Buruh
UNY menyelenggarakan wisuda periode Juni secara blended daring dan luring di Auditorium UNY, Sabtu (25/6/2022). (EDUWARA/Dok. Humas UNY)
Setyono, Kampus28 Juni, 2022 21:03 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Dua mahasiswa berprestasi yang pada akhir pekan lalu diwisuda di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sama-sama berasal dari keluarga yang orang tuanya berprofesi sebagai buruh. Dua orang wisudawan berpredikat summa cumlaude.

Dalam keterangan yang diterima Eduwara.com, Selasa (28/6/2022), dua mahasiswa berprestasi itu yaitu Hesti Wulandari dari program studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dengan IPK 3,87.

Hesti adalah anak dari pasangan Agus Siswanto dan Mimin Jeminten yang tinggal di Bagelen, Purworejo. Pasangan ini berprofesi sebagai buruh jahit.

Sedangkan Ahmad Rizal Rifani merupakan lulusan terbaik di program studi D4 Teknik Mesin Fakultas Teknik. Ia meraih juara pertama mahasiswa berprestasi kategori Diploma dalam pemilihan mahasiswa berprestasi yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis UNY ke-58.

Anak pasangan Jarkasih yang berprofesi sebagai buruh, dan Karti Yuniarsih dari Kebumen ini telah meraih berbagai prestasi seperti penghargaan nasional dalam ajang bidang karya tulis ilmiah.

Tergabung dalam Robotika UNY (Tim Maestro_Evo), Rizal menyabet gelar juara 3 Nasional pada 2020 dan Juara 2 Nasional pada 2021. Pada tahun yang sama, Rizal bersama tim membawa nama UNY ke kancah internasional mewakili Indonesia di kompetisi ABU ROBOCON se-Asia Pasifik.

Rektor UNY Sumaryanto berharap wisudawan mendukung berbagai program pemerintah dalam bidang pendidikan. Menurutnya, pendidikan merupakan investasi peradaban sebuah bangsa karena pendidikan dapat membuat sebuah negara menjadi kuat dan maju.

"Para wisudawan/wisudawati hari ini telah menjadi bagian penting dalam usaha pembangunan SDM yang unggul dalam kompetensinya masing-masing," katanya.

Sabtu (25/6/2022), UNY menyelenggarakan wisuda periode Juni secara blended daring dan luring di Auditorium UNY. Wisuda kali ini diikuti 937 orang di mana 342 orang mengikuti secara luring dan 595 orang secara daring.

Dari 937 lulusan tersebut, terdapat 28 orang dari Program Doktor, 176 orang dari Program Magister, 657 orang dari Program Sarjana, dan 76 orang dari Program Diploma.

Dalam wisuda kali ini, Fakultas Ilmu Pendidikan meluluskan 160 orang, Fakultas Bahasa dan Seni 120 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 145 orang, Fakultas Ilmu Sosial 113 orang, Fakultas Teknik 147 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan 114 orang, Fakultas Ekonomi 106 orang, dan Pascasarjana 32 orang.

Read Next