logo

Kampus

Di Pengujung 2023, UNY Kukuhkan Sembilan Guru Besar

Di Pengujung 2023, UNY Kukuhkan Sembilan Guru Besar
Sebanyak sembilan dosen dari empat fakultas di UNY, yaitu FIPP, FBSB, FT dan FIKK, dikukuhkan menjadi guru besar dalam upacara pengukuhan yang diselenggarakan Sabtu (30/12/2023), di Kampus UNY. Dengan pengukuhan ini maka saat ini UNY memiliki guru besar sebanyak 150 orang. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Kampus31 Desember, 2023 10:36 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengukuhkan secara resmi sembilan dosen dari empat fakultas menjadi guru besar, Sabtu (30/12/2023). Dari 1.401 orang dosen, saat ini UNY telah memiliki 150 orang guru besar.

Sembilan guru besar baru UNY tersebut berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP), Fakultas Bahasa Seni dan Budaya (FBSB), Fakultas Teknik (FT) serta Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK).

Dari FIKK UNY terdapat empat guru besar. Mereka adalah Hermanto sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Ishartiwi sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Sugeng Bayu Wahyono sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Sosiologi Pendidikan dan  Ali Muhtadi sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. 

Dari FBSB UNY terdapat dua guru besar, yaitu Kun Setyaning Astuti sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Seni Musik dan Anita Triastuti sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Inggris. 

Sedangkan guru besar dari FT UNY adalah Emy Budiastuti sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Asesmen Pembelajaran Teknik Busana Pendidikan Tata Busana, dan dua guru besar dari FIKK UNY adalah Ali Satia Graha sebagai Guru Besar dalam Bidang Terapi dan Rehabilitasi Cidera Olahraga dan Cerika Rismayanthi sebagai Guru Besar dalam Bidang Olahraga Kebugaran. 

Rektor UNY Sumaryanto mengaku bangga atas raihan prestasi akademik yang luar biasa ini.

“Sembilan guru besar ini merupakan edisi ketiga pidato guru besar tahun 2023, di mana tahun ini ada 38 guru besar yang sudah melaksanakan pidato,” ungkap Rektor.

Edisi pertama, Mei 2023 telah berpidato 15 guru besar dan pada edisi kedua, Agustus 2023 telah berpidato 14 guru besar. Hal ini merupakan peningkatan setelah pada 2022 UNY mengukuhkan 22 guru besar dan pada 2021 mengukuhkan 19 guru besar.

Sumaryanto menambahkan bahwa dalam tiga tahun terakhir ini telah dikukuhkan 79 guru besar. Sedangkan dosen UNY saat ini berjumlah 1401 orang dan yang telah memperoleh jabatan fungsional guru besar sebanyak 150 orang.

Sumaryanto juga mengungkapkan bahwa indikator kualitas program studi yang andal adalah apabila indeks prestasi tinggi, mahasiswanya cepat lulus, mendapat pekerjaan sesuai passion dan gajinya, serta masa tunggu rendah.

Read Next