logo

Kampus

Dorong Kolaborasi Internasional, Fikes UMM Gelar Kursus Gangguan Neurologis

Dorong Kolaborasi Internasional, Fikes UMM Gelar Kursus Gangguan Neurologis
Ironse Oliveira Silva dari UniEVANGELICA Brasil, pada international short course dengan tajuk Collaboration Therapy in Musculoskeletal Neurological Disorder yang digelar UMM secara daring sejak Rabu (18/5/2022). (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus20 Mei, 2022 23:44 WIB

Eduwara.com, MALANG — Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan international short course dengan tajuk Collaboration Therapy in Musculoskeletal Neurological Disorder yang dimulai sejak Rabu (18/5/2022) hingga pertengahan Juni nanti, untuk mendorong adanya kolaborasi internasional di bidang akademik.

Peserta tidak hanya dari UMM, namun ada puluhan mahasiswa dari luar UMM yang turut serta. Begitupun dengan mahasiswa dari mancanegara yang mencapai 70 orang, yang berasal dari berbagai negara, mulai dari Brazil, Vietnam, Mesir, Gambia, Yaman, Malaysia Filipina dan lainnya.

Wakil Rektor I UMM, Samsul Arifin, mengatakan short course ini merupakan bentuk kolaborasi akademik antaruniversitas mancanegara. Utamanya kolaborasi UMM dengan kampus luar negeri. Program dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. 

"Agenda tersebut mampu meningkatkan atmosfer internasional di Fikes UMM," katanya, Jumat (20/5/2022).

Samsul berharap, akan muncul kerja sama-kerja sama lain di bidang penelitian dan publikasi. Juga, pelaksanaan yang masih daring bisa diubah menjadi pertemuan langsung. 

Wakil Dekan III Fikes UMM, Rakhmad Rosadi, menilai kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari fakultas untuk melebarkan sayap ke dunia internasional. Salah satunya melalui short course yang membahas gangguan neurologis Muskuloskeletal. 

Ke depan, akan ada program serupa dengan pertemuan langsung secara offline jika nanti pandemi sudah berakhir.

"Jadi harapannya teman-teman dari luar negeri bisa berkunjung dan merasakan bagaimana studi di Indonesia. Begitupun dengan para mahasiswa UMM bisa mendapat kesempatan melihat dan mengetahui atmosfer perkuliahan di berbagai negara," tambahnya.

Pada short course tersebut, Fikes UMM juga mengundang pakar-pakar dari berbagai negara, seperti Ironse Oliveira Silva dari UniEVANGELICA Brasil, Associate Prof. Rumpa Boonsincukh dari Thailand, Owen Nkaka, dari Inggris dan pemateri lainnya.

Read Next