logo

Kampus

Dua Mahasiswa UAD Raih Juara II Ajang Logika UI

Dua Mahasiswa UAD Raih Juara II Ajang Logika UI
Dua Mahasiswa UAD Raih Juara II Ajang Logika UI (UAD)
Setyono, Kampus10 Februari, 2022 13:10 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Dua mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta meraih juara II di ajang Actuarial Infographic Competition (AIC). Dari ajang yang diselenggarakan online ini, mereka mengaku banyak mendapat pengalaman.

AIC merupakan Lomba Kegiatan Matematika Universitas Indonesia (Logika UI) 2022 tingkat nasional. Kegiatan diselenggarakan Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) UI mulai 1 November 2021 hingga 30 Januari 2022 dengan mengusung tema Peran Ilmu Aktuaria dalam Berbagai Industri.

Dua mahasiswa UAD berasal dari Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) angkatan 2019. Mereka adalah Lisa Nuryanti dan Ummu Fitrotin.

Karya mereka yang berjudul 'Pemanfaatan Ilmu Aktuaria dalam Mewujudkan Jaminan Risiko Banjir di Indonesia' menyabet juara II. "Kami mengambil judul tersebut karena ingin menyoroti peran dari aktuaria di bidang yang berbeda. Ditambah fakta Indonesia adalah negara dengan risiko bencana banjir yang tinggi. Selain itu, asuransi banjir adalah premi yang tidak dibayarkan jika kita tidak memintanya," papar Ummu, Kamis (10/2/2022)

Melalui lomba ini Ummu mengaku mendapat banyak sekali pengalaman, seperti mempelajari tentang aktuaria secara lebih mendalam, belajar melakukan riset, mengetahui cara membuat infografik, berbagi tugas serta belajar berkomunikasi dengan rekan satu tim, dan juga mendapat pengalaman diwawancarai oleh juri expert di bidangnya.

Ummu berharap bisa terus konsisten dalam mengikuti perlombaan-perlombaan lainnya dan berkesempatan untuk meraih juara lagi. "Mahasiswa UAD jangan ragu mengikuti kompetisi serupa karena dari prodi maupun fakultas benar-benar mendukung mulai dari materi hingga disediakan tempat untuk presentasi," pesannya.

Tags:UIUAD

Read Next