logo

Bisnis

ESG Award: Raih Penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022, Ini yang Diterapkan Jasa Marga

ESG Award: Raih Penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022, Ini yang Diterapkan Jasa Marga
PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih penghargaan kategori Infrastruktur Transportasi dengan predikat Sustainability. (TrenAsia/Panji Asmoro)
Redaksi, Bisnis26 Oktober, 2022 17:50 WIB

JAKARTA – PT Jasa Marga Tbk (kode saham: JSMR) meraih penghargaan kategori Transportation Infrastructure dengan predikat Sustainability dalam ajang penganugerahan TrenAsia ESG Excellence 2022.

Penghargaan itu diraih oleh Jasa Marga atas komitmen perseroan dalam mengimplementasikan prinsip lingkungan (environmental), sosial (social), dan tata kelola (governance) atau ESG demi mewujudkan ekosistem bisnis yang berkelanjutan. 

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri jalan tol di Indonesia, Jasa Marga terus berupaya untuk meningkatkan bisnis jalan tol berkelanjutan yang peduli akan keadaan sosial masyarakat dan lingkungan sekitar. 

Atas upaya tersebut, Jasa Marga pun menjadi perusahaan jalan tol pertama di Indonesia yang memiliki sertifikat Green Tollroad untuk sejumlah ruas tol yang dimiliki. Jasa Marga pun menerapkan teknologi ramah lingkungan dan energi terbarukan dalam pengoperasian jalan tol.

Direktur Pengembangan Kawasan PT Jasa Marga Related Business (JMRB) Bayu Nurbaya hadir di malam penganugerahan TrenAsia ESG Excellence 2022 yang digelar di Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2022.

Bayu mengatakan, penerapan aspek-aspek ESG di lingkungan Jasa Marga Group merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tumbuhnya minat investasi berkelanjutan dalam bisnis perseroan.

“Penghargaan ini membuktikan bahwa Jasa Marga terus konsisten dalam menerapkan ESG sehingga iklim investasi di perusahaan juga terus mengedepankan investasi berkelanjutan yang peduli akan kondisi sosial dan pelestarian lingkungan di sekitar Jasa Marga Group,” ujar Bayu dikutip dari keterangan resmi yang diterima TrenAsia, Selasa, 25 Oktober 2022.

Jasa Marga menilai penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 sebagai salah satu ajang pemberian apresiasi terbesar bagi perusahaan terkemuka di Tanah Air yang telah mengimplementasikan ESG dalam aktivitas bisnisnya. Di ajang penghargaan ini, Jasa Marga meraih skor sebesar 78,13/100 dan telah menyentuh indikator “Strong”.

Untuk diketahui, TrenAsia ESG Excellence 2022 telah menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variabel-variabel turunannya. 

Proses penjurian berlangsung dari 12 September hingga 12 Oktober 2022, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021.

Tim dewan juri TrenAsia ESG Excellence 2022 terdiri dari CEO Schroders Indonesia Michael T. Tjoajadi, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid, Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Mas Achmad Daniri.

Kemudian, Direktur Departemen Riset Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Edi Setijawan, President Director Institute for Sustainability & Agility (ISA) Maria Rosaline Nindita Radyati, dan Pemimpin Redaksi TrenAsia Adhitya Noviardi.

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring, Sukirno mengatakan, berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Harapannya, setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

“Tujuan dari program ini adalah memberikan dukungan berupa penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan ESG agar program-program tersebut bisa berjalan untuk mewujudkan misi nasional mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan,” kata Sukirno di Hotel The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2022.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Excellence 2022 Michael T. Tjoajadi menambahkan, di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG

Perusahaan-perusahaan ini disebut lebih tahan banting ketika ekonomi berguncang dan membuat investor lebih tenang dengan tata kelola bertanggung jawab.

TrenAsia ESG Excellence 2022 menjadi wadah untuk merekam progress implementasi ESG oleh perusahaan di Tanah Air setiap tahunnya. Karena sama-sama concern dengan ESG, kami dewan juri sepakat untuk melakukan panel. Sangat bagus media TrenAsia memiliki concern dengan ESG,” kata Michael.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Idham Nur Indrajaya pada 26 Oct 2022

Read Next