logo

Kampus

FP UB Kirim Staf ke Jerman, Jajaki Kerja Sama dengan Universitas Hohenheim

FP UB Kirim Staf ke Jerman, Jajaki Kerja Sama dengan Universitas Hohenheim
Prof Folker Asch selaku Chair Group Management of Crop Waterstress in The Tropics and Sub Tropics Universitas Hohenheim berdiskusi tim dari FP UB di Jerman. (EDUWARA/Humas UB)
Fathul Muin, Kampus22 Desember, 2021 20:34 WIB

Eduwara.com, MALANG -- Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) mengirimkan staf pengajar ke Universitas Hohenheim Jerman selama dua bulan (Desember 2021 – Januari 2022) untuk melakukan penjajagan kerja sama bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Universitas Hohenheim Jerman.

Ketua Internasional Relation Office FP UB, Uma Khumairoh, mengatakan misi lain yang dibawa antara lain peluang untuk mendatangkan narasumber untuk review kurikulum dan program 3 in 1, potensi exchange student, menjemput peluang studi lanjut program doktoral.

"Dalam kesempatan tersebut, tim dari FP UB berdiskusi dengan Prof Folker Asch selaku Chair Group Management of Crop Waterstress in The Tropics and Sub Tropics terkait dengan potensi kerjasama kedepan antara FP  dengan Department Tropical and Sub Tropical Agriculture, Universitas Hohenheim," kata Uma dalam keterangan resminya, Rabu (22/12/2021). 

Pertemuan tersebut mendapatkan beberapa hasil, antara lain kesediaan pihak Universitas Hohenheim menjadi reviewer kurikulum program Studi Agroekoteknologi. Selain itu, ada usulan untuk menyelenggarakan SummerCourse dengan FP UB. 

"Di Summer Course ini Universitas Hohenheim akan mengirim staf dan 25 mahasiswa ke UB pada Februari-Maret 2022," kata Uma.

Dia menambahkan, Prof Folker Asch bersedia menjadi guest lecture dalam program 3 in1 yang akan dikombinasikan dengan penyelenggaraan summer course. 

Di samping itu, terbuka pula kesempatan dosen FPUB untuk mengambil PhD di Department Tropical dan Subtropical di Universitas Hohenheim. 

Terakhir, rencana MoA/MoU dengan Fakultas Pertanian UB akan dibicarakan lebih lanjut setelah diselenggarakannya workshop RiSaWa (Rice ProductionCaught Between Salinity and DroughtFuture Options for Sustainable Use of Water in the Mekong Delta Region).

Uma menambahkan, FP UB terus mendorong peningkatan kualitas staf dan kapasitas institusi untuk menuju world class university. Upaya tersebut didukung dengan pembiayaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Dikti, Program Studi Agroekoteknologi merealisasikan upaya pengembangan staf ke Universitas Hohenheim Jerman.

Dalam kegiatan tersebut, FP UB mengirimkan Dosen Jurusan Budidaya pertanian sekaligus Ketua Internasional Relation Office FP UB, Uma Khumairoh, didampingi tiga dosen, yakni  Antok Wahyu Sektiono dari Jurusan Hama Penyakit Tumbuhan, Istika Nita dan Aditya Nugraha Putra dari Jurusan Ilmu Tanah.

 

Read Next