logo

Sekolah Kita

Gembleng Mental Spiritual Pengurus OSIS, SMP Muhammadiyah 7 Solo Gelar LDK

Gembleng Mental Spiritual Pengurus OSIS, SMP Muhammadiyah 7 Solo Gelar LDK
LDK pengurus OSIS SMP Muhammadiyah 7 Solo, Jumat-Sabtu (2-3/9/2022) di Sun Garden Karangpandan, Karanganyar. (EDUWARA/Humas SMP Muhammadiyah 7 Solo)
Redaksi, Sekolah Kita05 September, 2022 23:40 WIB

Eduwara.com, SOLO – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 7 Solo menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2022/2023, Jumat-Sabtu (2-3/9/2022). 

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Sun Garden Karangpandan, Karanganyar setelah sebelumnya dilaksanakan pemilihan umum Ketua OSIS.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 7 Solo, Bambang Condro, yang juga menjadi pemateri kepemimpinan, menyambut baik acara tersebut. Dia berharap pengurus OSIS terbaru bisa melaksanakan tugas dengan baik.

"Saya berharap anak-anak tangguh dalam melaksanakan tugas dengan baik. Selain itu bisa memberi contoh kepada seluruh siswa," kata Bambang Condro seperti dalam siaran pers yang diterima Eduwara.com, Senin (5/9/2022).

LDK diikuti oleh 26 pengurus OSIS terpilih dan 10 pembimbing. Acara tersebut bertujuan melatih mental spritual pengurus OSIS sebagai bekal untuk mengemban tugas selama periode kepengurusan 2022/2023.

Adapun materi yang disampaikan dalam LDK ialah pembinaan kepemimpinan, bela negara, olahraga, dan outbond. Selain itu terdapat materi yang menunjang mental spiritual seperti salat tahajut dan tadarus Al-Quran.

Humas SMP Muhammadiyah 7 Solo, Sri Mulyono mengatakan seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar. Dia menyebut bahwa pengurus OSIS periode 2022/2023 siap melaksanakan tugasnya.

Belajar dan Berlatih Kepemimpinan

Pada sisi lain, Ketua OSIS periode 2022/2023, Excelsa Ganis Alfaroby menyatakan kegiatan tersebut penting sebagai sarana belajar dan berlatih kepemimpinan.

"Saya merasa senang dapat menjadi bagian dari acara tersebut. LDK melatih diri untuk hidup mandiri dan belajar beradaptasi dengan lingkungan baru di luar rumah.

Selain belajar mandiri, kita juga dibiasakan untuk bisa bersosialisasi dengan teman-teman, berlatih kompak dan bekerja dalam tim," kata Ganis kepada Eduwara.com, Senin (5/9/2022) melalui pesan Whatsapp.

Setelah LDK, pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi untuk mempersiapkan program-program kerja OSIS. Salah satu yang akan diadakan ialah seminar budaya internasional.

Kekompakan dan kerja sama tim, menurut Excelsa, sangat penting bagi jalannya organisasi. Semangat bekerja sama dalam kekompakan sejalan dengan misi pertama yang dia rumuskan, yaitu mewujudkan organisasi yang kolaboratif, berakhlak mulia, cinta lingkungan berlandaskan ajaran Islam.

Siswi kelas VIII A itu mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah dan ustadz, ustadzah yang telah menginisiasi, merencanakan, dan melaksanakan acara LDK.

"Semoga acara ini membawa dampak positif yang signifikan bagi kemajuan OSIS dan meningkatkan prestasi SMP Muhammadiyah 7 Solo di tingkat lokal, nasional maupun internasional," harap dia. (K. Setia Widodo)

Read Next