logo

Art

Hoshizora Foundation Gelar Children Art Festival 2023

Hoshizora Foundation Gelar Children Art Festival 2023
Salah satu Adik Bintang, penerima beasiswa dari Hoshizora Foundation, memperlihatan karya seni kreasinya. (EDUWARA/Dok. Hoshizora Foundation)
Setyono, Art16 Oktober, 2023 19:19 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Menyambut usia ke-17 tahun, Hoshizora Foundation bakal menggelar Children Art Festival (CAF) 2023, yang merupakan hasil kolaborasi dengan Pekan Budaya Difabel. Ajang ini bakal berlangsung seminggu penuh, dari 27 November 2023 sampai 3 Desember 2023.

Kepada Eduwara.com, Ketua Panitia Children Art Festival 2023 Lisa Andriani, mengatakan agenda kegiatan meliputi teater amal, pameran seni rupa, lomba kesenian anak, hingga pertunjukan musik dan tari akan dipusatkan di Desa Wisata Rumah Dome, Nglepen, Sumberharjo, Prambanan, Sleman.

"Kami menjadikan festival ini sebagai wadah untuk unjuk bakat Adik Bintang, penerima beasiswa dari Hoshizora Foundation. Kami berharap ajang ini menjadi upaya meningkatkan dukungan terhadap akses pendidikan layak terhadap anak-anak dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi," kata Lisa, Minggu (15/10/2023).

Direncanakan para Adik Bintang akan mempersembahkan teater berjudul 'The Dreamcatchers', yang berkisah tentang perjuangan mereka yang pantang menyerah dalam bersekolah dan mengejar cita-cita. Disutradarai Broto Wijayanto, teater akan menampilkan kolaborasi antara Adik Bintang dan anak-anak dari komunitas difabel.

Tiga Nilai Utama

Ide tersebut juga terinspirasi dari tiga nilai utama Adik Bintang yang dipegang oleh Hoshizora Foundation, yaitu dream big (bermimpi besar), resilience (tangguh), dan care for others (kepedulian pada sesama).

"Dari ribuan penerima beasiswa di Hoshizora Foundation, ada banyak sekali Adik Bintang yang memiliki bakat seni luar biasa, mulai dari seni visual, tari, musik, dan masih banyak lainnya. Hoshizora ingin agar bakat dari anak-anak luar biasa ini bisa menjadi inspirasi bagi lebih banyak orang," terangnya.

Komitmen Hoshizora Foundation membantu pendidikan anak-anak dari keluarga pra-sejahtera, menjadi inspirasi Children Art Festival 2023. Seluruh profit acara akan disalurkan untuk program Beasiswa Mimpi Anak Negeri yang mendukung beasiswa pendidikan bagi Adik Bintang.

Selain menikmati seni, pengunjung bisa memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan kapasitas anak-anak ini melalui kampanye galang dana yang diangkat Hoshizora secara online maupun offline.

"Pastinya, festival ini akan menjadi pengalaman inspiratif yang tak terlupakan bagi para pengunjung," katanya.

Children Art Festival 2023, lanjut Lisa, diharapkan mampu menginspirasi siapapun yang hadir dan terlibat untuk terus bersemangat mengembangkan bakat seni serta memberikan dukungan akses pendidikan bagi anak-anak yang membutuhkan.

Read Next