logo

Bisnis

HUT PPNI, RSUI Beri Edukasi Vaksinasi Covid-19

HUT PPNI, RSUI Beri Edukasi Vaksinasi Covid-19
Kegiatan edukasi penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis dengan tema “Edukasi Vaksinasi Covid-19 dan Pentingnya Vaksinasi Booster” yang digelar Rumah Sakit Universitas Indonnesia (RSUI) di Masjid Al Muttaqien, Kecamatan Limo, Kota Depok (EDUWARA/Humas RSUI)
Bhakti Hariani, Bisnis30 Maret, 2022 01:15 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Memperingati Hari Ulang Tahun ke-48 tahun, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) bersama Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) RSUI, menyelenggarakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Kegiatan yang mengangkat tema “Edukasi Vaksinasi Covid-19 dan Pentingnya Vaksinasi Booster” ini, berlangsung di Masjid Al Muttaqien, Kecamatan Limo, Kota Depok.

Ketua Umum DPK PPNI RSUI Ners Defi Effendy menuturkan, kegiatan ini diadakan sebagai wujud nyata dari para perawat Indonesia dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19 untuk tetap dapat berkontribusi kepada masyarakat dalam bentuk edukasi kesehatan, khususnya edukasi dalam meningkatkan pentingnya melakukan vaksinasi booster. 

Dengan adanya program ini, RSUI bersama DPK RSUI berharap dapat memberikan pemahaman tentang vaksinasi Covid-19 sekaligus meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Hal ini karena masih banyak masyarakat yang belum melakukan vaksinasi atau telah melakukan vaksinasi namun tidak lengkap sehingga vaksinasi yang dilakukan belum optimal.

“Sungguh disayangkan jika masyarakat tidak melakukan vaksinasi Covid-19 atau belum lengkap melakukan vaksinasi primernya. Padahal manfaat vaksinasi ini sangat besar. Tidak saja dapat melindungi diri kita dari virus Covid-19, tetapi juga melindungi orang-orang di sekitar kita.” ujar Ners Endry Julianto selaku ketua pelaksana acara dalam siaran pers yang dikirimkan Humas RSUI kepada redaksi Eduwara.com, Selasa (29/3/2022).

Sementara itu, Pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Kota Depok yang diwakili oleh Ners Meilisa mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program pengabdian pada masyarakat dari PPNI.

 “Kami sebagai perawat tidak hanya bekerja di tatanan pelayanan kesehatan, namun juga terjun langsung ke masyarakat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Perawat sebagai garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19, perannya tidak saja dalam hal pelayanan kesehatan tetapi juga dapat memberikan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan serta motivasi masyarakat khususnya terkait vaksinasi Covid-19,” papar Meilisa.

Kegiatan edukasi dimulai dari pendidikan kesehatan bagi masyarakat awam. Materi pertama dibawakan Ners Fathiya Hanisya. Ners Fathiya menjelaskan tentang apa yang perlu disikapi setelah Covid-19 berlangsung selama lebih kurang dua tahun oleh masyarakat umum. 

“Jangan lengah meski saat ini kasus Covid-19 sudah turun. Tetap laksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, membuka jendela, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dan menutup mulut serta etika ketika batuk atau bersin,” papar Fathiya.

Selanjutnya, Ners Joan Xaveria memaparkan tentang pentingnya vaksinasi booster Covid-19. Vaksinasi booster adalah cara untuk mengembalikan imunitas tubuh dan proteksi klinis menurun. 

“Pemberian vaksin booster disertai pelaksanaan protokol kesehatan dengan ketat dapat melindungi kita dalam beraktivitas khususnya menjelang Lebaran,” papar Joan.

Selain kegiatan edukasi yang diberikan, RSUI juga menyediakan fasilitas pemeriksaan gratis yang meliputi pemeriksaan gula, tekanan darah, berat badan dan tinggi badan. Masyarakat dan para aparatur desa wilayah Limo menyambut baik dan antusias dengan kegiatan ini. 

Read Next