logo

Vokasi

Ini Smartbench Hasil Inovasi Poltek Balikpapan

Ini Smartbench Hasil Inovasi Poltek Balikpapan
Bangku Taman Bertenaga Surya Hasil Karya Tim Program Smartbench Politeknik Negeri Balikpapan (Politeknik Negeri Balikpapan)
Bunga NurSY, Vokasi23 Oktober, 2021 12:25 WIB

Eduwara.com, BALIKPAPAN—Politeknik Negeri Balikpapan menghadirkan inovasi berupa bangku taman bertenaga surya alias smartbench  yang berhasil menjadi satu proposal program yang lolos dalam Produk Teknologi yang Didiseminasikan ke Masyarakat (PTDM) 2021. 

Produk smartbench ini mampu menghadirkan kursi taman yang dapat membantu pengunjung taman mengisi daya (charge) baterai menggunakan tenaga surya serta memberikan penerangan taman pada malam hari.

Adapun, Produk Teknologi yang didiseminasikan ke Masyarakat (PTDM) merupakan skema pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dan dikembangkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Skema ini sangat penting untuk mengakselerasi proses hilirisasi produk teknologi hasil penelitian lembaga litbang agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. 

“Dengan program ini ada dua manfaat yang dapat dicapai yaitu, pendayagunaan produk teknologi hasil litbang Poltekba dan peningkatan keberdayaan masyarakat mitra,” ujar Ketua Tim Program Smartbench Riklan Kango, melalui publikasi dari Politeknik Negeri Balikpapan, yang dikutip Sabtu (23/10/2021).

Program Smartbench ini dikerjakan oleh satu tim beranggotakan tiga orang dengan bidang keahlian yang berbeda. Ketua tim Riklan Kango dengan bidang keahlian Teknik Elektro, anggota berjumlah dua orang, yaitu Yogiana Mulyani dengan bidang keahlian Pariwisata, dan Ezra Hartarto Pongtuluran dengan bidang keahlian Teknik Sipil.

Dalam melaksanan kegiatan PTDM ini juga, tim pelaksana melibatkan mahasiswa berjumlah empat orang yang berbeda program studi. Saat ini, smartbench ini dapat ditemui di Taman Tiga Generasi, Balikpapan.

Riklan Kango berharap, program ini mampu mengakselerasi hilirisasi produk teknologi ke masyarakat, meningkatkan produktivitas, meningkatkan jaringan kerjasama sinergi antara Politeknik Negeri Balikpapan, Pemerintah Daerah Kota Balikpapan, lembaga usaha (industri) dan masyarakat yang mendukung diseminasi dan pemanfaatan IPTEK.

Read Next