logo

Kampus

Intip Lima Perguruan Tinggi Terbaik Asia 2021

Intip Lima Perguruan Tinggi Terbaik Asia 2021
Ilustrasi Kota Singapura (istimewa)
Bunga NurSY, Kampus02 November, 2021 04:48 WIB

Eduwara.com, BALIKPAPAN—Tertarik melanjutkan studi ke luar negeri tapi tidak mau jauh-jauh dari Asia? Mari kita lirik lima universitas terbaik di Asia 2021 berdasarkan ranking dari Times Higher Education (THE).

The 2021 Asia University Rankings dari THE ini mencakup institusi yang tersebar di 30 teritori se-Asia. Pemeringkatan ini dirilis berdasarkan indikator yang terdiri dari proses dan suasana belajar mengajar, riset, dampak hasil riset, international outlook (jumlah pelajar hingga staf internasional), serta keterkaitan dengan industri.

Posisi lima besar dari ranking tersebut dihuni oleh kampus dari China, Hong Kong, dan negeri Jiran Singapura. Berikut ini daftarnya:

1. Universitas Tsinghua, China

Univeritas  yang terletak di barat laut Beijing ini dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi paling elit di China, dan hanya menerima calon mahasiswa yang meraih nilai sangat tinggi dalam ujian nasional.

Universitas ini menawarkan 51 program studi setara sarjana dan lebih dari 200 program postgraduate.

2. Universitas Peking, China

Universitas Peking merupakan perguruan tinggi modern pertama di China. Kampus ini memiliki 216 pusat riset, dua diantaranya merupakan institusi teknik nasional. Perpustakaan Universitas Peking menyimpan 11 juta buku dan sumber daya lainnya.

Setelah dipindahkan pada tahun 1952, kampus utamanya sekarang berada di bekas taman kekaisaran dinasti Qing dan masih memiliki beberapa fitur dan lansekap asli, termasuk taman, pagoda, dan bangunan bersejarah.

Gerbang masuk ke kampus memiliki mural di langit-langit dan merupakan atraksi wisata tersendiri.

Di kampus, ada asrama khusus untuk 2.000 mahasiswa internasional.

3. Universitas Nasional Singapura

Institusi tertua di Singapura dan terbesar berdasarkan jumlah mahasiswa, National University of Singapore menggabungkan keunggulan penelitian dan inovasi.

Perguruan tinggi ini berada di peringkat di 25 teratas di dunia secara keseluruhan, dengan skor sangat tinggi untuk penelitian dan reputasi internasional, dan kinerja yang menonjol di bidang teknik dan teknologi.

Fokus kewirausahaan di universitas dimulai sejak tiga dekade yang lalu hingga pembentukan pusat khusus untuk inovasi dan technopreneurship.

NUS menggunakan pengajaran gaya Inggris melalui tutorial kelompok kecil dan kredit kursus gaya AS untuk memenuhi persyaratan gelar.

Banyak mahasiswa tinggal di kampus di salah satu dari 6.000 tempat tinggal di berbagai aula, semuanya dilayani oleh bus antar-jemput internal untuk membawa mahasiswa berkeliling kampus.

4. Universitas Hong Kong

Didirikan oleh gubernur Inggris pada tahun 1911 tetapi mulai mengintegrasikan budaya dan pendidikan China ke dalam perkuliahannya pada tahun 1927, ketika gelar pertama dalam bahasa Mandarin ditawarkan.

Penerimaan di Universitas Hong Kong sangat selektif: ada sekitar 12 aplikasi untuk setiap tempat untuk sarjana internasional. Untuk siswa dari China daratan, hanya satu siswa yang mendapat tempat untuk setiap 31 aplikasi.

5. Universitas Teknologi Nanyang

Singapura Kembali mendapat tempat di lima besar universitas terbaik Asia lewat Nanyang Technological University. Perguruan tinggi ini memiliki program riset yang sangat intensif. 

Dalam skala global, universitas ini masuk dalam jajaran 50 besar.

Universitas ini juga mendapat peringkat tinggi untuk jurusan teknik dan teknologi dan ilmu komputer.

Read Next