logo

Kampus

Kembangkan Pola Tartan, 32 Mahasiswa ATK Yogyakarta Gelar Pameran

Kembangkan Pola Tartan, 32 Mahasiswa ATK Yogyakarta Gelar Pameran
Sebanyak 32 karya mahasiswa prodi TPPK Politeknik Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta menggelar pameran busana berbahan kulit pada Rabu (13/7/2022). (EDUWARA/Humas ATK Yogyakarta)
Setyono, Kampus14 Juli, 2022 01:14 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Sebanyak 32 mahasiswa Program Studi Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK) Politeknik Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta menggelar pameran busana berbahan kulit pada Rabu (13/7/2022).

Mereka menampilkan karya busana material kulit asli dengan kombinasi material fabric motif Tartan, motif khas Skotlandia dari abad ke-16 yang populer.

Direktur Politeknik ATK Yogyakarta Sugiyanto mengapresiasi gelaran ini dan mengatakan kegiatan ini merupakan satu upaya mendorong mahasiswanya terus menumbuhkan inovasi dan kreativitas penciptaan.

"32 karya mahasiswa yang ditampilkan lewat model yang juga merupakan mahasiswa pencipta karya busana itu sendiri, dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan jiwa kewirausahaan bagi lulusan ATK nantinya," kata Sugiyanto dalam rilis ke Eduwara.com.

Sugiyanto berharap besar melalui kegiatan ini, Politeknik ATK Yogyakarta ke depan selain mencetak tenaga kerja industri yang kreatif dan inovatif, juga mendukung penciptaan kewirausahaan dan pembukaan lapangan kerja berbasis kulit.

Dosen pengampu mata kuliah Teknik Busana Kulit dan inisiator fashion show Galuh Puspita Sari menyatakan tema yang dipilih kali ini adalah 'Kita (Kulit + Tartan) Bersama, Dengan semangat Bangkit bersama melawan Pandemi dan Kita bersama untuk Terus Berkarya'.

"Kita menampilkan hasil pembelajaran perkuliahan mahasiswa program studi TPPK semester IV yang berwujud hasil karya busana material kulit asli dengan kombinasi material fabric motif Tartan," jelasnya.

Selain busana, ajang yang diselenggarakan di Auditorium Politeknik ATK Yogyakarta juga memamerkan berbagai produk sepatu dan aksesoris yang merupakan hasil karya dari mahasiswa semester II.

"Walaupun masih dikategorikan mahasiswa baru namun memiliki kreativitas dari hasil pengembangan tugas kuliah yang diwujudkan dalam karya produk kulit," ungkapnya.

Ajang ini juga merupakan wujud kolaborasi institusi pendidikan dengan pemerintah yang diwakili Dinas Perindag Kota Yogyakarta. Galuh mengimpikan nantinya desain dan produk yang diciptakan mahasiswa dapat diaplikasikan dalam berbagai karya produk dan aksesoris dari IKM binaan.

Politeknik ATK Yogyakarta yang berada di Kecamatan Sewon, Bantul adalah Institusi Pendidikan di Kementerian Perindustrian. Terdapat tiga bidang studi yang dipelajari yaitu Teknologi Pengolahan Kulit (TPK), Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK) dan Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP).

Read Next