logo

EduBocil

Kesehatan Mental Harus Dilatih Sejak Dini

Kesehatan Mental Harus Dilatih Sejak Dini
Suasana kegiatan BESMENT yang diselenggarakan BEM UMM di Malang ((Dok. UMM))
Ida Gautama, EduBocil02 November, 2021 22:49 WIB

Eduwara.com, MALANG – Kesehatan mental harus dilatih sejak dini karena berdampak terhadap pembentukan karakter pada anak. Utamanya, saat anak sudah mulai belajar menganalisa perilaku orang lain ataupun belajar mengenai bahasa.

Hal itu disampaikan Penanggung Jawab Rumah Belajar Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT), dr Veny Mayangsari, dalam acara Parents Day yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (BEM UMM), di Kota Lama Malang, kemarin.

Kegiatan Parents Day, yang diikuti para orangtua, merupakan bagian dari Program Belajar Sehat Mental (BESMENT), yang digagas BEM UMM untuk melatih kesehatan anak dan membentuk karakter anak.

“Semoga melalui BESMENT ini anak-anak bisa belajar menghargai orang lain, saling berbagi, dan juga bertumbuhnya karakter baik dalam diri mereka,” kata Veny.

Pembicara lain, Siti Fatimah dari Laboratorium Psikologi Terapan Keluarga dan Anak (LPTKA) mengajak para peserta untuk mengupas berbagai hal yang harus diperhatikan dalam proses tumbuh kembang anak, di antaranya pentingnya kesehatan mental. 

Menurut Siti, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga atau mengendalikan emosi, tidak hanya emosi orangtua tapi juga emosi anak.

“Harapannya, dengan berdiskusi seperti ini, para orangtua bisa lebih mudah memahami konsep kesehatan mental melalui pengelolaan emosi sehari-hari, khususnya dalam mendidik anak,” katanya. 

Salah satu peserta Parents Day, Marhamah, menceritakan dirinya mengajarkan banyak hal kepada anaknya, mulai dari bangun tidur, sekolah, bermain, mengaji hingga tidur lagi. Beberapa kali anaknya sulit memahami terkait hal yang diajarkan. Seringkali mereka memecahkan piring dan gelas, malas mengerjakan PR, dan kesalahan kecil lainnya.

“Tdak jarang saya kesal dan memarahinya. Namun, berkat program ini saya memahami bahwa emosi orang tua dalam mendidik anak sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, terutama mentalnya,” katanya.

Yorinda Nur Azizah, selaku Ketua Panitia, mengatakan setelah mengajak anak-anak bermain dan belajar dua kali seminggu sejak awal Oktober, kini dipengujung kegiatan, BEM UMM mengajak para ibu untuk hadir dan berbincang dalam acara Parents Day. BEM UMM menggandeng JKJT dan LPTKA. 

Selama sebulan mengabdi, lanjut Yorinda, dia bersama tim merasa senang, Apalagi melihat antusiasme anak-anak yang tinggi.

“Anak-anak sangat bersemangat dan mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang telah disediakan. Kami berharap program ini dapat menggugah banyak orang agar lebih peduli dengan kesehatan mental. Dengan begitu tema 'Penerus Bangsa Berawal dari Mental yang Sehat dan Kuat' dapat terlaksana,” katanya. (Fathul Muin)

Read Next