logo

Kampus

Kolaborasi dengan NIU, UWM Yogyakarta Fokus Kembangkan Pendidikan

Kolaborasi dengan NIU, UWM Yogyakarta Fokus Kembangkan Pendidikan
Rektor UWM Edy Suandi Hamid dan Dean of College of Liberal Arts and Sciences NIU Robert Brinkman berfoto bersama dengan jajaran pimpinan di kedua universitas, seusai penandatanganan nota kesepahaman di UWM Yogyakarta, Senin (20/6/2022). UWM dan NIU sepakat berkolaborasi mengembangkan model penyelenggaraan pendidikan yang terjangkau oleh semua kalangan. (EDUWARA/Dok. UWM Yogyakarta)
Setyono, Kampus21 Juni, 2022 19:41 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Universitas Widya Mataram (UWM) dan Northern Illinois University (NIU) Amerika Serikat (AS), sepakat berkolaborasi mengembangkan model penyelenggaraan pendidikan yang terjangkau oleh semua kalangan.

Kerja sama ini terjalin karena kesamaan visi kedua universitas yang fokus menghadirkan pendidikan bagi semua kalangan. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di UWM Yogyakarta pada Senin (20/6/2022).

"Penandatanganan ini merupakan perwujudan dari pembicaraan yang telah dilakukan sejak April lalu dan merupakan langkah pertama perwujudan kerja sama antara UWM dengan NIU," kata Rektor UWM Edy Suandi Hamid, dalam rilis, Selasa (21/6/2022).

Kerja sama UWM dan NIU menyangkut pertukaran akademik bahwa kedua pihak sepakat bentuk kerja sama yang bisa ditindaklanjuti antara lain pertukaran dosen dan mahasiswa, riset bersama, serta bidang lain yang terkait pengembangan pendidikan.

Rektor Edy menyampaikan respek NIU sebagai universitas yang sangat populer di kawasan Amerika Serikat mengajak kerja sama dengan UWM. Kesempatan ini menjadi langkah besar UWM untuk menjadi bagian dari dasar pengembangan pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan melalui kerja sama yang saling menguntungkan antara UWM dan NIU.

"Kita bisa bekerja sama atau kolaborasi antara UWM and NIU dalam bidang kemahasiswaan, riset, dan bentuk kerja sama lainnya. UWM memerlukan dukungan dari NIU untuk mengembangkan dan mendorong kampus ini menjadi lebih besar dan maju," lanjutnya 

Wakil Rektor I UWM Jumadi, menyatakan UWM didedikasikan oleh pendiri kampus, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX dan HB X untuk memberi alternatif pendidikan, yang biayanya terjangkau semua kalangan, dan lulusannya memiliki karakter budaya adiluhung. 

"Visi misi UWM juga memberikan alternatif pendidikan di Indonesia. Dalam arti bahwa semua mahasiswa bisa menikmati pendidikan dengan biaya terjangkau," ungkapnya.

Dean of College of Liberal Arts and Sciences Robert Brinkman, menyatakan NIU memiliki Pusat Studi Asia Tenggara dan sejumlah studi yang berkaitan dengan ke-Indonesiaan, maka kerja sama dengan universitas di Indonesia menjadi penting. 

"Apalagi saat ini beberapa alumni NIU menjadi pejabat-pejabat penting di Indonesia seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani," jelasnya.

Dalam kerja sama dengan UWM terdapat alasan penting lainnya terkait dengan penyelenggaraan pendidikan untuk semua kalangan. 

"UWM memiliki misi yang indah dan logis seperti NIU. Kita memiliki nilai yang sama, di mana NIU memiliki banyak mahasiswa yang datang dari keluarga yang tidak pernah memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tinggi sebelumnya. Di antara mereka termasuk dari keluarga yang menjadi korban pandemi Covid-19," tutupnya.

Read Next