logo

Kampus

Kompor Listrik PEM Akamigas Raih Juara 3 di Krenova Blora 2021

Kompor Listrik PEM Akamigas Raih Juara 3 di Krenova Blora 2021
Tim mahasiswa PEM Akamigas dengan produk kreatif berupa Dc Komtrik berhasil meraih Juara 3 di Krenova Blora 2021 ((EDUWARA/Humas PEM Akamigas))
Redaksi, Kampus03 Desember, 2021 05:00 WIB

Eduwara.com, BLORA – Kompor listrik atau Komtrik karya Tim Mahasiswa Teknik Instrumentasi Kilang Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas meraih Juara 3 Inovasi Teknologi Tepat Guna di ajang Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Tingkat Umum Pelajar Mahasiswa dan Perangkat Daerah Kabupaten Blora Tahun 2021. 

Penyerahan hadiah bagi pemenang dilaksanakan di Bappeda Kabupaten Blora oleh Bupati Blora Arief Rohman, Selasa (30/11/2021).

Dalam siaran pers yang dikirimkan ke Redaksi Eduwara.com, Kamis (2/12/2021), dijelaskan bahwa Krenova adalah ajang kompetisi yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Blora setiap tahun. 

Ajang kompetisi ini mempertandingkan puluhan produk kreativitas dan inovasi dari berbagai kategori, di antaranya kategori umum, mahasiswa, pelajar, dan perangkat daerah. 

Untuk berlaga di Krenova, Tim Dc Komtrik, yang terdiri dari Achmad Sevian Noor, Akbar Pratama, Ristakin, Aziz Zulhakim, dan Munggus F Tuasuun, menciptakan produk kreatif berupa inovasi Dc Kompor Listrik, yang dipopulerkan dengan nama Komtrik. 

Dc Kompor Listrik ini akhirnya mengantarkan PEM Akamigas meraih Juara 3 Inovasi Teknologi Tepat Guna di ajang Krenova Kabupaten Blora Tahun 2021. 

Dc Komtrik merupakan kompor listrik berbasis tegangan dc skala rendah (Low Voltage Dc). 

Salah satu anggota Dc Komtrik, Ristakin menjelaskan, bila dibandingkan dengan produk lain serupa, Dc Komtrik memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya lebih ekonomis dan terjangkau, ringan, portable, aman, dan nyaman penggunaannya. 

"Ini baru awal bagi kami. Pastinya tim kami akan terus mengembangkan produk Dc Komtrik. Harapan kami, Dc Komtrik bisa diproduksi massal sehingga memiliki manfaat luas bagi masyarakat Indonesia,” kata Ristakin.

Ristakin menambahkan, Tim Dc Komtrik sengaja memilih tema kompor listrik sebagai salah satu upaya mendukung dan berpartisipasi dalam program pemerintah untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29 persen, dengan menerapkan teknologi CCUS (Carbon, Capture, Utilization, and Storage), serta mendukung program konversi LPG ke kompor listrik/induksi. 

Read Next