logo

Kampus

Mahasiswa KKN UNY Diterjunkan ke 13 Kabupaten DIY-Jateng

Mahasiswa KKN UNY Diterjunkan ke 13 Kabupaten DIY-Jateng
UNY menjadikan 13 Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah sebagai area Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Kependidikan (PK) bagi mahasiswanya tahun ini. (EDUWARA/Humas UNY)
Setyono, Kampus14 Juli, 2022 00:45 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadikan 13 Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah sebagai area Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Kependidikan (PK) bagi mahasiswa pada tahun ini.

Dalam pelepasan peserta, Rabu (13/7/2022), Rektor UNY Sumaryanto mengatakan kegiatan ini merupakan penerjunan secara simbolis kegiatan KKN-PK di sekolah, lembaga dan desa dan kelurahan di 13 Kabupaten/Kota.

"Ada lima Kabupaten/Kota di DIY, delapan kabupaten di Jawa Tengah, empat lokasi KKN berbasis domisili di DKI Jakarta, KKN Kebangsaan di Palangkaraya Kalimantan Tengah, Kutai Barat, Bangka Belitung dan 1 KKN Internasional di Jeddah Arab Saudi," papar Kepala Unit Layanan KKN-PK UNY Ngatman.

Kegiatan penerjunan secara simbolis KKN dan PK diikuti oleh 278 mahasiswa di Kabupaten Blora, 230 mahasiswa di Kabupaten Karanganyar dan perwakilan mahasiswa dari setiap lokasi.

Rektor Sumaryanto menyatakan ini kegiatan KKN PK yang pertama kali diadakan setelah dua tahun pandemi Covid melanda. "Mohon kemuliaan almamater selalu dijaga dan dibawa," kata Sumaryanto.

Dirinya juga meminta dosen pembimbing lapangan (DPL) sudi terjun langsung ke lokasi untuk mendampingi kegiatan di lapangan. 

Kegiatan KKN PK ini juga bersinergi dengan BPJS untuk memberi dukungan kesehatan dan keselamatan mahasiswa selama menjalani kegiatan, sehingga mahasiswa tetap survive, save dan berhati-hati.

Mahasiswa tidak diperkenankan untuk menciptakan peluang tindak pidana atau perdata walau kesempatannya kecil.

Read Next