logo

Kampus

Mahasiswa UMM Raih Juara Tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah Islam

Mahasiswa UMM Raih Juara Tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah Islam
Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UMM, Yasmin Zakiyyatuzzahra, menunjukkan sertifikat juara II LKTII Nasional. (UMM)
Fathul Muin, Kampus29 November, 2021 06:00 WIB

Eduwara.com, MALANG— Tiga mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK) berhasil menyabet juara tiga dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Islam (LKTII) Nasional dengan tema vaksinasi keliling. 

Kompetisi itu digelar Universitas Airlangga (Unair) secara daring, Sabtu (20/11/2021) lalu.

Salah satu anggota tim UMM Yasmin Zakiyyatuzzahra mengatakan  tulisan ilmiah yang diikutsertakan oleh timnya membahas terkait gagasan baru vaksinasi keliling. 

Selain untuk mengurangi kerumunan orang ketika antri vaksin, cara ini dirasa ampuh untuk menambah silaturahmi antara tenaga kesehatan dan juga masyarakat.

"Kami mengerjakan tulisan ini dalam waktu yang lumayan singkat, kurang dari dua minggu. Untuk bagian abstrak kami dapat menyelesaikannya dalam waktu tiga hari. Sementara untuk bagian isi butuh waktu sekitar satu minggu," ungkapnya, Minggu (28/11/2021).

Meskipun dapat menyelesaikan tulisan ilmiah secara cepat, dia  merasa kesulitan dalam proses pengerjaannya. Sebagai mahasiswa baru yang masih beradaptasi dengan dunia perkuliahan, membagi waktu lomba dan kuliah dirasa cukup sulit. 

Selain itu, kompetisi ini juga pengalaman pertamanya mengikuti lomba karya tulis ilmiah.

"Awalnya saya iseng mengikuti kompetisi ini karena waktu luang yang banyak sebelum dimulainya masa perkuliahan. Saya sama sekali tidak menyangka kalau abstrak yang tim kami kirimkan akan lolos. Kami sempat berpikir untuk berhenti saja karena jadwal perkuliahan yang smeakin padat. Namun pada akhirnya saya dan teman-teman tetap melanjutkan karena tidak mau mengerjakan sesuatu dengan setengah-setengah," ujar Yasmin.

Selain Yasmin, tim ini juga dianggotai oleh Amelia Putri Nasution dan Kanina Alma Dystanti. Yasmin bersyukur timnya dapat memperoleh juara tiga meskipun ini baru pertama kalinya mengikuti lomba karya tulis ilmiah. 

Jika nantinya diberi kesempatan, Yasmin dan teman satu timnya ingin merealisasikan gagasan vaksinasi keliling ini ke masyarakat luas sehingga semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

"Saya berterimakasih kepada para anggota tim karena tidak menyerah untuk terus mengikuti perlombaan ini. Raihan juara ini membuat kami semakin terpacu untuk mengikuti berbagai perlombaan di masa yang akan datang. Tentu kemenangan ini kami harap bisa menginspirasi teman-teman lain untuk berprestasi," tuturnya.

Read Next