logo

Kampus

MIT Kampus Terbaik Dunia Versi QS World University Ranking 2022, UGM Paling Top di Indonesia

MIT Kampus Terbaik Dunia Versi QS World University Ranking 2022, UGM Paling Top di Indonesia
MIT Kampus Terbaik Dunia Versi QS World University Ranking 2022, UGM Paling Top di Indonesia (QS WUR)
Bunga NurSY, Kampus07 April, 2022 11:15 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symond (QS) baru-baru ini meluncurkan World University Ranking 2022. Kampus dari AS dan Inggris melanjutkan dominasinya dari tahun ke tahun di jajaran atas.

Dalam laman resminya, disebutkan bahwa QS World University Ranking melakukan penilaian terhadap 1.300 perguruan tinggi tahun ini di seluruh dunia, terbesar dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam proses penilaian, ada enam indikator dalam metode pemeringkatan yang digunakan.

Indikator itu adalah reputasi akademik (bobot 40 persen), reputasi kampus di dunia kerja (bobot 10 persen), rasio tenaga kependidikan dengan mahasiswa (faculty/student ratio) dengan bobot 20 persen, sitasi per fakultas (bobot 20 persen), rasio fakultas internasional (bobot 5 persen), dan rasio mahasiswa internasional (bobot 5 persen).

Tahun ini, Massachusetts Institute of Technology (MIT) di AS menduduki peringkat pertama kampus terbaik dunia, diikuti oleh Oxford University di Inggris dan Stanford University di AS.

Di Benua Asia, National University of Singapore (NUS) di Singapura menempati posisi tertinggi, dengan peringkat ke-11 secara internasional. Adapun, Nanyang Technological University di Singapura dan Tsinghua University di Beijing, China, mengikuti di belakangnya.

Di Indonesia, Universitas Gadjah Mada menduduki peringkat tertinggi, dengan ranking 254 secara internasional. Di belakangnya menyusul Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Berikut ini peringkat kampus Indonesia dalam QS World University Ranking 2022:

Read Next