logo

Sekolah Kita

Pemkot Malang Berkomitmen Bangun Pendidikan Karakter

Pemkot Malang Berkomitmen Bangun Pendidikan Karakter
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, menyerahkan hadiah Sekolah Adiwiyata Mandiri, Nasional, Provinsi dan Lomba Kejuaraan Multimedia Layanan Iklan Masyarakat Untuk Peduli Berbudaya di Lingkungan Hidup di Malang, Selasa (21/12/2021). (EDUWARA/Humas Pemkot Malang)
Fathul Muin, Sekolah Kita21 Desember, 2021 20:13 WIB

Eduwara.com, MALANG -- Pemerintah Kota Malang berkomitmen untuk terus membangun pendidikan karakter, termasuk karakter di bidang lingkungan bagi siswa lewat kegiatan Adiwiyata.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, mengatakan kegiatan ini seiring dengan komitmen Walikota Malang untuk mewujudkan pembangunan yang diprioritaskan pada peningkatan produktivitas dan daya saing daerah, serta kesejahteraan dan meningkatkan pembangunan infrastruktur, daya dukung kota yang terpadu dan berkelanjutan, tertib penataan ruang, serta berwawasan lingkungan.

"Untuk itu, atas nama Bapak Walikota Malang, saya menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba multimedia, sekolah adiwiyata mandiri, adiwiyata nasional serta adiwiyata Provinsi Jawa Timur. Tentu raihan prestasi ini diharapkan mampu menjadi semangat dan motivasi kita bersama untuk terus peduli pada lingkungan," ujar Sofyan di sela-sela  penyerahan hadiah Sekolah Adiwiyata Mandiri, Nasional, Provinsi dan Lomba Kejuaraan Multimedia Layanan Iklan Masyarakat Untuk Peduli Berbudaya di Lingkungan Hidup di Malang, Selasa (21/12/2021).

Dia menegaskan, Pemkot Malang sejak awal juga berkomitmen untuk membangun pendidikan berkarakter. Untuk menjadi berkarakter harus di bangun sejak dini dalam diri anak, termasuk juga mengembangkan karakter peduli lingkungan.

Karakter peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan alam sekitarnya dan pengembangan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Pembangunan karakter bangsa peduli lingkungan dapat dilakukan melalui pendidikan, pembelajaran, dan fasilitasi. 

"Oleh karenanya, dirasa sangat penting untuk memberikan pendidikan lingkungan hidup bagi masyarakat, terutama siswa didik secara dini, karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan ikut memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan," tuturnya. 

Dia juga berharap, kegiatan ini dapat menjadi media untuk menumbuhkan kesadaran sekaligus kepedulian, khususnya para generasi muda dan masyarakat Kota Malang pada umumnya, dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup sebagai upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijakan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup.

Dengan begitu, nantinya akan terbentuk pola tindak dan pola pikir untuk penanganan yang lebih spesifik pada permasalahan lingkungan yang dihadapi.

 

A. Penghargaan Program Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur:

- SDN Buring

- SDN Bandulan 3

- SDN Purwantoro 6

- SD Katolik Marsudisiwi

- SDN Bunulrejo 2

- SDN Tulusrejo 3

- SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansyur

- SDN Madyopuro 1

- SDN Bunulrejo 6

- SDN Sumbersari 1

- SDN Tlogomas 2

- SDN Tunjungsekar 3

- SD Puri Asah Dasar Avesiena

- SMPN 24

 

B. Penghargaan Program Sekolah Adiwiyata Nasional:

- SDN Kasin

- SDN Lesanpuro 4

- SDN Sawojajar 1

- SDN Sawojajar 5

- SDN Sukun 2

- SDN Tanjungrejo 2

- SMPN 8

- SMKN 11

 

C. Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan:

- SDN Bareng 3

- SDN Sukun 1

- SMPN 18

- SMPN 2

 

D. Lomba Multimedia Layanan Masyarakat Untuk Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup 2021:

- Juara 1 : Eva Yuliana / Rumpita

- Juara 2 : Akhmad Reza / Zeus

- Juara 3 : Deris Verdiansah

- Juara Harapan 1 : Alika Nasya P

- Juara Harapan 2 : Abdul Wahid S

- Juara Harapan 3 : Moh. Ali Maksum. 

Read Next