logo

Bisnis

Prestasi Tata Kelola Perusahaan Ciamik, Jahja Setiaatmadja Didapuk Jadi Best CEO for Governance Policy Making

Prestasi Tata Kelola Perusahaan Ciamik, Jahja Setiaatmadja Didapuk Jadi Best CEO for Governance Policy Making
Redaksi, Bisnis25 Oktober, 2022 13:43 WIB

JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmaja. meraih penghargaan khusus kategori The Best CEO for Governance Policy Making dalam ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Apresiasi ini diberikan atas kerja keras Jahja dalam menerapkan tata Kelola (governance) yang sangat baik.

Di bawah kepemimpinan Jahja, BCA telah mencetak beragam capaian pada aspek lingkungan (environmental), sosial (social), dan tata kelola (governance) atau ESG. 

Jahja mengungkapkan bagi BCA, nilai keberlanjutan adalah menjalankan usaha dengan berkomitmen pada kepatuhan di semua peraturan pemerintah, konsisten berinovasi atas produk dan jasa pelayanan yang relevan dengan kebutuhan terkini, selaras dengan proses ekonomi yang rendah karbon.

Pada 2021, atas kinerja ESG yang baik, BCA mendapatkan hasil pemeringkatan dari berbagai lembaga pemeringkat yang kredibel baik dalam dan luar negeri, antara lain SRI-KEHATI, IDX ESG Leaders, MSCI, FTSE4Good, dan Dow Jones Sustainability Indices.

“Terima kasih untuk TrenAsia atas penganugerahan The Best CEO Award in Governance Policy Making. Semoga TrenAsia sukses terus dan maju selalu,” ujar Jahja, kepada TrenAsia.com.

Selain mendapatkan penghargaan Best CEO, BCA juga meraih ESG Award untuk kategori Private Bank dengan predikat Sustainability. BCA mengungguli bank swasta lainnya dalam pencapaian ESG selama tiga tahun ke belakang.

Sebagai media online yang fokus pada berita ekonomi, bisnis dan investasi, geliat investasi ESG juga menjadi fokus perhatian TrenAsia.com di bawah naungan PT Tren Media Berjejaring. 

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Harapannya, setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

“Tujuan dari program ini adalah memberikan dukungan berupa penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan ESG agar program-program tersebut bisa berjalan untuk mewujudkan misi nasional mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan,” kata Sukirno di Hotel The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2022.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Excellence 2022 Michael T. Tjoajadi mengungkapkan, di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG. Perusahaan-perusahaan ini disebut lebih tahan banting ketika ekonomi berguncang dan membuat investor lebih tenang dengan tata kelola bertanggung jawab.

“TrenAsia ESG Excellence 2022 menjadi wadah untuk merekam progress implementasi ESG oleh perusahaan di Tanah Air setiap tahunnya. Karena sama-sama concern dengan ESG, kami dewan juri sepakat untuk melakukan panel. Sangat bagus media TrenAsia memiliki concern dengan ESG,” kata Michael.

TrenAsia ESG Excellence 2022 telah menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2022, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021.

Tim dewan juri TrenAsia ESG Excellence 2022 terdiri dari Michael T. Tjoajadi, CEO Schroders Indonesia sebagai ketua; M. Arsjad Rasjid, Chairman Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Edi Setijawan, Director Department of Research Otoritas Jasa Keuangan (OJK); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

Editor: Redaksi

Read Next