logo

Kampus

Prodi Ilmu Komunikasi UMM Buka CoE Creative Digital Communication

Prodi Ilmu Komunikasi UMM Buka CoE Creative Digital Communication
Kegiatan praktik mahasiswa Prodi Ikom UMM. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus16 Maret, 2022 03:16 WIB

Eduwara.com, MALANG—Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuka program unggulan Center of Excellence (CoE) Creative Digital Communications untuk mendekatkan mahasiswa dengan dunia industri.

Kepala Prodi Ikom UMM, Nasrullah, mengatakan program ini memang didirikan berdasarkan arah perkembangan dunia komunikasi di masa depan karena komunikasi akan berkembang pada bidang komunikasi digital dan industri kreatif. Oleh karenanya, pada program CoE ini diselenggarakan empat kelas unggulan yang berfokus pada dua bidang tersebut.

"Kelas pertama yang akan kami buka pada program ini adalah digital branding, public relations (PR), dan marketing. Di kelas kedua ada konten development dan digital videografi. Pada kelas ketiga kami membuka digital jurnalis. Kemudian yang terakhir ada kelas copywriting dan media analis. Masing-masing kelas akan memiliki rentang waktu yang berbeda tergantung kurikulum yang diambil mulai dari dua minggu, satu bulan, hingga satu semester," ujarnya, Selasa (13/3/2022).

Nantinya dalam program CoE ini, kata dia, Ikom UMM akan bekerja sama dengan beberapa lembaga seperti asosiasi pemerintah kabupaten seluruh Indonesia (APKASI) dan asosiasi pemerintahan kepulauan dan pesisir Indonesia (Aspeksindo). Ikom UMM juga telah memulai penjajakan mitra ke beberapa perusahaan seperti NET dan Aplikasi Kawan Sehat Indonesia.

"Alhamdulillah banyak perusahaan yang tertarik pada program kelas unggulan yang kami kembangkan ini. Beberapa perusahaan juga telah meminta dibuatkan kelas tersendiri untuk rekrutmen tenaga profesional di perusahaan mereka," ujar dosen Ikom UMM tersebut.

Sertifikat

Terkait peserta, kata dia, program ini menerima semua orang yang yang memiliki minat di empat kelas yang telah disediakan, yang akan dibagi sesuai tingkat pendidikan para peserta. Tingkatan tersebut terdiri dari lulusan SMA atau SMK sederajat, mahasiswa UMM maupun luar UMM, dan juga tingkat pekerja.

"Semua kegiatan akan kami pusatkan di Laboratorium Ikom UMM, namun tidak menutup kemungkinan kami bisa mengirimkan instruktur ke beberapa daerah," ujarnya.

Para peserta juga bisa mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ataupun perusahaan yang telah bekerja sama dengan UMM Khusus untuk mahasiswa UMM. Selain mendapat sertifikat, nilai yang diperoleh lewat program CoE ini juga bisa dikonversikan ke beberapa mata kuliah ataupun Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Selain mengenalkan mahasiswa pada dunia industri, program ini merupakan cara yang bagus bagi mahasiswa untuk melakukan praktik langsung bersama mitra yang telah terpercaya. Begitupun dengan memberikan kepastian kepada publik terkait jenjang karir setelah lulus dari Ikom UMM.

"Ke depan, saya yakin ilmu Komunikasi akan memiliki masa dengan yang cerah. Oleh karenanya, kami sebagai institusi pendidikan harus memberikan jalan yang terbaik bagi mahasiswa untuk dapat belajar, salah satunya melalui program CoE ini," tandasnya. 

Read Next