logo

Bisnis

Ruangguru dan Kemenkominfo Luncurkan Layanan Ruang Literasi Digital

Ruangguru dan Kemenkominfo Luncurkan Layanan Ruang Literasi Digital
Brainacademy Ruangguru. (brainacademy.id)
Bunga NurSY, Bisnis11 November, 2021 05:24 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng platform edukasi PT Ruangraya Indonesia (Ruangguru) mengembangkan layanan Ruang Literasi Digital sebagai bagian dari upaya menekan penyebaran hoaks di masyarakat.

Ruang Literasi Digital berisi puluhan konten video edukatif yang dapat diakses secara gratis agar masyarakat Indonesia dapat bermedia digital dengan lebih cakap, lebih aman, lebih etis, dan berbudaya.

“Literasi digital menjadi kunci utama untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia yang cakap memanfaatkan internet,” kata Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius W. Pudjianto dalam siaran pers yang diterima Trenasia.com, Rabu 10 November 2021.

Kolaborasi ini didorong oleh masih rendahnya indeks literasi digital Indonesia. Berdasarkan survei status literasi digital Kemenkominfo 2020, Indonesia tercatat memiliki nilai indeks 3,47 dari rentang indeks 1-4, dengan penilaian indeks yang mengacu pada kerangka digital di sebuah negara milik UNESCO. 

Dengan kata lain, Indonesia berada dalam kategori literasi digital tingkat sedang dan belum mencapai status literasi yang baik.  Beberapa dampak negatif dari kurangnya literasi digital juga tak kalah banyak, seperti maraknya penyebaran berita bohong (hoaks), penipuan daring, perundungan siber, ujaran kebencian, dan radikalisme berbasis digital yang perlu diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal ini terbukti dari penyataan Google bahwa Indonesia dinilai sebagai negara dengan permintaan penghapusan konten terbanyak karena isinya yang dinilai melanggar peraturan pemerintah. Sedangkan Microsoft menyatakan Indonesia sebagai negara dengan kesopanan digital terburuk di Asia Tenggara berdasarkan dua faktor utama, hoaks, dan penipuan.

Di satu sisi, jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat. Pada awal 2021, jumlahnya mencapai 202,6 juta atau 73,7% dari total jumlah penduduk Indonesia.

“Peningkatan penetrasi internet sayangnya belum diikuti dengan kemampuan literasi digital masyarakat. Sehingga memberikan tantangan yang besar di balik banyaknya efek positif yang dihadirkan oleh teknologi digital,” ujar Pendiri dan Direktur Operasional Ruangguru Iman Usman.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 10 Nov 2021 

Read Next