logo

Bisnis

Tambah Wahana Baru, TR Sengkaling UMM Diperkokoh Sebagai Destinasi Wisata Edukasi

Tambah Wahana Baru, TR Sengkaling UMM Diperkokoh Sebagai Destinasi Wisata Edukasi
Wahana Taman Kelinci TR Sengkaling.
Fathul Muin, Bisnis08 Mei, 2022 23:37 WIB

Eduwara.com, MALANG — Taman Rekreasi (TR) Sengkaling Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kini diperkokoh sebagai destinasi wisata edukasi selain rekreasi dengan pembukaan wahana-wahana baru untuk mendukung tujuan tersebut.

General Manager Taman Sengkaling UMM, Achmad Mohyi, mengatakan, pada Lebaran tahun ini ada tambahan tiga wahana baru, yakni water boom, kapal pesiar, dan taman kelinci.

"Wahana-wahana wisata tersebut dibuat tidak hanya memenuhi kebutuhan wisatawan untuk berekreasi, namun juga untuk keperluan edukasi," kata Achmad Mohyi, Sabtu (7/5/2022).

Seperti Wahana Kapal Pesiar, kata Mohyi, di bagian atas kapal tersebut didesain untuk ajang pendidikan seperti pengetahuan konversi energi, konservasi air, pengolahan limbah, pembelajaran lingkungan terkait dengan ekosistem. Wahana Taman Kelinci, selain di sana ada banyak kelinci, tempat tersebut didesain lingkungan satwa.

Sedangkan yang segera dioperasikan, lanjut Mohyi, adalah Wahana Sengkaling Garden. Di wahana tersebut, ada tempat untuk ketangkasan, permainan outbound, flying fox, jembatan tali, dan magic hole. Wahana tersebut juga bermuatan edukasi, seperti tempat ketangkasan, melatih wisatawan mempunyai keahlian dan keuletan tertentu

Begitu juga dengan outbound, menurut Mohyi, juga mengajarkan tentang kebersamaan, kepemimpinan, kerja sama, manajemen, teamwork building, komunikasi, perencanaan kerja, dan lainnya.

"Sebenarnya pada Maret sudah mulai dibuka, namun akan digenjot pada 18 Mei mendatang. Sudah ada 100 lebih sekolah di Jatim yang sudah memesan untuk memanfaatkan outbound," ujarnya.

Peningkatan Kunjungan

Menurut Mohyi, pada libur Lebaran tahun ini tingkat kunjungan wisata ke Taman Rekreasi Sengkaling UMM mencapai 2.000 wisatawan/hari. Tingkat kunjungan ini hampir sama dengan kunjungan seperti pada Lebaran 2019 sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

Pada puncak libur Lebaran, yaitu Minggu (8/5/2022), kunjungan wisatawan diperkirakan lebih tinggi lagi, yakni sekitar 5.000 wisatawan.

"Dengan kunjungan wisatawan sebanyak itu, masih memenuhi prokes karena kapasitas Taman Rekreasi (TR) Sengkaling UMM sebanyak 20.000 wisatawan," katanya.

Bila dibandingkan pada masa Covid-19 dua tahun lalu, dia menegaskan, peningkatan kunjungan wisatawan di TR Sengkaling UMM pada Lebaran tahun ini mencapai 40 persen.

Naiknya kunjungan wisatawan ke TR Sengkaling tersebut, Mohyi menilai, sebagai telah meredanya pandemi Covid-19 sehingga masyarakat lebih percaya diri untuk melakukan mobilitas, termasuk berwisata.

Selain itu, yang juga mendongkrak kunjungan wisatawan, ditambah wahana baru di TR Sengkaling, yakni water boom, kapal pesiar, dan taman kelinci. 

Kunci yang menjadi daya tarik tempat wisata artifisial atau buatan seperti TR Sengkaling, menurut dia, memang berupa inovasi berapa penambahan wahana wisata. Dengan begitu, maka wisatawan mendapatkan pengalaman baru saat mengunjungi TR Sengkaling untuk kali pertama, kedua dan seterusnya.

Read Next