logo

EduBocil

Tampil Gunakan Bahasa Arab, Teater Anak SD Djamaatul Ichwan Dapat Sambutan Meriah

Tampil Gunakan Bahasa Arab, Teater Anak SD Djamaatul Ichwan Dapat Sambutan Meriah
Arfan Arfiansyah Nugraha dan Muhammad Austin Irsyad Ilham saat tampil dalam pementasan Teater Anak SD Djamaatul Ichwan, di Hotel The Sunan Solo, Senin (14/2/2022). Pementasan Teater Anak ini untuk memeriahkan Peringatan 100 Tahun SD Djamaatul Ichwan. (EDUWARA/M Diky Praditia)
M. Diky Praditia, EduBocil14 Februari, 2022 18:44 WIB

Eduwara.com, SOLO - Penampilan teater anak pada peringatan 100 Tahun SD Djamaatul Ichwan disambut meriah para hadirin. Tepuk tangan dan decak kagum diterima oleh dua anak yang memerankan tokoh singa dan domba. 

Tidak seperti pentas teater anak pada umumnya, dua siswa SD Djamaatul Ichwan itu menggunakan dialog berbahasa Arab dalam pementasan yang digelar di Hotel The Sunan Solo, Senin (14/2/2022).

Salah seorang guru pembimbing, Sania Nurul Hidayah menjelaskan teater anak berbahasa Arab itu menceritakan tentang seekor singa dan seekor domba betina. 

“Ada singa yang kehausan, terus menemukan sumur. Singa itu kemudian tercebur ke sumur. Dia bingung karena tidak bisa keluar dari sumur itu,” kata Sania saat ditemui Eduwara.com, usai pementasan.

Dia melanjutkan, lalu datanglah seekor domba yang juga kehausan. Domba itu melihat singa yang tercebur ke sumur. Ia berniat menolong singa.  

“Ketika domba masuk ke sumur, singa memanfaatkan tubuh domba itu untuk merangkak naik keluar dari sumur. Jadi domba itu ditipu oleh singa,” ujar dia. 

Menurut Sania, amanat dari cerita yang dipentaskan itu adalah jangan mudah percaya kepada orang lain. Harus tetap waspada dan selalu berhati-hati.

Arfan Arfiansyah Nugraha, pemeran domba, mengatakan bahwa persiapan untuk pentas tersebut sangat singkat. ”Persiapannya cuma satu minggu saja,” ucap Arfan 

Siswa kelas III A itu mengaku tampil percaya diri. Dia tidak merasa gugup meskipun disaksikan oleh ratusan orang. 

Pemeran lain, Muhammad Austin Irsyad Ilham, menambahkan mereka latihan setiap hari dalam satu pekan untuk menyambut peringatan itu. 

“Iya kami latihan setiap hari, biasanya di siang hari. Sekali latihan bisa sampai satu setengah jam,” ungkap Irsyad yang masih memakai baju peraga singa. 

Selain penampilan teater, beberapa siswa SD Djamaatul Ichwan lainnya juga ikut menunjukkan bakat yang dimilikinya. Bina Rasya misalnya, tampil menyanyikan lagu Mars Djamaatul Ichwan. Ia juga bersalawat dan mendapat sambutan hangat para penonton. 

“Latihannya sama Ayah selama seminggu, termasuk latihan gerakan-gerakan menyanyi juga,” tutur Rasya saat ditanya terkait persiapan sebelum tampil.

Kepala Sekolah SD Djamaatul Ichwan, Gufron Ghazali, mengatakan siswa-siswa tersebut memang sengaja dipersiapkan para guru untuk menyambut peringatan 100 tahun SD Djamaatul Ichwan. 

“Tidak hanya SD, kami juga menampilkan siswa-siswa dari TK, SD, dan SMP. Kami persiapkan semuanya,” jelas Gufron.

Read Next