logo

Kampus

Tim Tapak Suci UMM Borong Juara di Airlangga Championship Tapak Suci International Virtual Open 2021

Tim Tapak Suci UMM Borong Juara di Airlangga Championship Tapak Suci International Virtual Open 2021
Tim Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tengah berlatih untuk berlaga pada Airlangga Championship Tapak Suci International Virtual Open 2021 yang digelar secara daring pada 8-11 November lalu. (UMM)
Fathul Muin, Kampus18 November, 2021 07:09 WIB

Eduwara.com, MALANG—Tim Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil memborong juara di berbagai kategori pada Airlangga Championship Tapak Suci International Virtual Open 2021 yang digelar secara daring pada 8-11 November 2021 lalu.

Ketua Tapak Suci UMM Iqbal Maulana Mandala Putra menuturkan persiapan untuk lomba kali ini terbilang mendadak. Terhitung mereka hanya memiliki waktu dua minggu untuk berlatih sebelum terjun ke perlombaan.

"Usaha keras yang kami lakukan membuahkan hasil yang maksimal. "Biasanya, kami memerlukan persiapan selama satu hingga dua bulan. Dengan begitu, para atlet bisa punya waktu yg cukup untuk melatih gerakan," ungkapnya, Rabu (17/11/2021).

Kendala yang dialami dalam lomba tersebut, kata dia, tak pada aspek hafalan gerakan. Para atlet mau tidak mau harus segera memahami gerakan sebelum terjun ke kompetisi. Meski begitu, persiapan fisik yang dilakukan membantu ketika pengambilan video.

"Jadi, menghafal gerakan menjadi aspek yang paling memakan waktu. Teman-teman sering lupa, namun berhasil dengan baik dalam waktu yang tepat," ujarnya.

Iqbal yang asli Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini mengatakan, keunggulan atlet TS UMM memiliki dasar teknik yang mumpuni. Didukung juga dengan pelatih yang menguasai berbagai jurus serta teknik. Modal tersebut al membuat para atlet bisa beradaptasi di tengah persiapan yang mendadak. 

Sembilan delegasi yang dikirim berhasil meraih juara pertama, kedua dan ketiga di berbagai kategori. Adapun daftar peraih juara ialah Andi Prasetyono yang menyabet juara 1 tunggal tangan kosong dewasa putra dan Ridyan Darmawan yang memenangi juara 1 tunggal bersenjata dewasa putra.

 Yulia Nastuti yang meraih juara 2 tunggal tangan kosong dewasa putri dan Fitri Sudirman yang meraih temat kedua tunggal bersenjata dewasa putri. Sedangkan di juara 3, ada Nadiati Sholehah di kategori tunggal bersenjata dewasa putri dan Andi Prasetyono, M Chusni, Azizah Rahman, Fitri Sudirman, serta Yulia Nastuti yang merengkuh juara 3 beregu tangan kosong dewasa campuran. 

Terakhir, mahasiswa Prodi Ilmu Hukum ini berharap porsi latihan para atlet bisa ditingkatkan demi mendapatkan juara di tingkat yang lebih tinggi. "Kami juga ingin agar regenerasi di TS UMM bisa berjalan dengan baik sehingga mampu melahirkan juara-juara baru," kata Iqbal.

Read Next