logo

Kampus

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi pada Staf Hotel di Yogyakarta, FKIP UMBY Gelar Pelatihan Bahasa Inggris

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi pada Staf Hotel di Yogyakarta, FKIP UMBY Gelar Pelatihan Bahasa Inggris
Sebanyak 40 staf hotel dari berbagai divisi di Hotel Neo Malioboro dan Royal Malioboro by Aston Yogyakarta mengikuti pelatihan peningkatan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris, Selasa (17/10/2023). Pelatihan tersebut diprakarsai FKIP UMBY. (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Kampus20 Oktober, 2023 21:31 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FKIP UMBY) menyelenggarakan pelatihan peningkatan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris bagi staf Hotel Neo Malioboro dan Royal Malioboro by Aston Yogyakarta.

Pelatihan yang diselenggarakan pada Selasa (17/10/2023) merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi antara akademisi serta praktisi dalam upaya meningkatkan standar layanan pada industri perhotelan.

Berlangsung di Hotel Royal Malioboro by Aston, pelatihan diikuti 40 staf hotel dari berbagai divisi, seperti Food and Beverage Service, Food and Beverages Product, Accounting, Front Office, Housekeeping, dan Engineering Department.

Koordinator pelatihan Valentina Dyah Arum Sari, menjelaskan ada tiga dosen UMBY, termasuk dirinya, yang memberikan berbagai materi yang berfokus pada pengembangan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

"Pelatihan ini bertujuan memperkuat kemampuan komunikasi bahasa Inggris para staf hotel sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada tamu-tamu internasional," jelas Valentina dalam rilis Jumat (20/10/2023).

Pelatihan ini, lanjut Valentina, didesain untuk memberikan pengalaman belajar yang praktis dengan peserta berinteraksi langsung dengan instruktur yang berpengalaman. Ini memberi kesempatan para peserta untuk mendemonstrasikan kemampuan bahasa Inggris mereka ketika berhadapan dengan tamu internasional.

Hal ini memungkinkan para peserta untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi nyata, yang pada gilirannya akan meningkatkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi dengan tamu.

Umpan Balik

Lebih lanjut, Veronika menambahkan bahwa salah satu keunggulan dari program ini adalah instruktur memberikan umpan balik yang membangun dan membantu peserta memahami aspek-aspek tertentu dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang perlu diperbaiki.

"Hal ini akan membuat peserta mampu mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris secara signifikan selama program pelatihan," terangnya.

Cluster General Manager Hotel Neo Malioboro dan Royal Malioboro by Aston Yogyakarta, Vera Indah Pratiwi, berharap pelatihan akan meningkatkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris di antara staf hotel sehingga memberikan manfaat besar dalam menjaga reputasi dan kepuasan tamu.

Peningkatan keterampilan bahasa Inggris dinilai akan memberikan dampak positif pada pengalaman tamu dan prestasi bisnis hotel ini pada masa mendatang.

"Kami sangat senang dengan pelatihan ini. Suasananya sangat santai jadi tidak merasa grogi. Kami mendapatkan kesempatan belajar bersama rekan kerja dan ada sesi praktik berkomunikasi dengan bantuan instruktur yang sangat berpengalaman," paparnya.

Pelatihan ini masih akan berlangsung selama beberapa minggu ke depan. Komitmen dari tiap peserta diperlukan untuk tetap aktif dalam diskusi, bertanya, dan berkontribusi dengan ide-ide mereka.

Para instruktur, yang merupakan dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI UMBY, juga diharapkan untuk senantiasa menjaga kualitas pelatihan dan memberikan dukungan yang diperlukan kepada peserta.

Read Next