logo

Kampus

UMBY Raih Juara III Lomba Puisi Nasional di UNTIDAR

UMBY Raih Juara III Lomba Puisi Nasional di UNTIDAR
Lima mahasiswa Prodi BK FKIP UMBY meraih juara III Kategori Musikalisasi Puisi pada ajang Lomba Puisi Tingkat Nasional yang diselenggarakan UNTIDAR Magelang. Lomba diselenggarakan di Gedung Kuliah Umum dr HR Suparsono UNTIDAR pada Sabtu (1/6/2024). (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Kampus12 Juni, 2024 02:13 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Lima mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) meraih juara III Kategori Musikalisasi Puisi pada ajang Lomba Puisi Tingkat Nasional yang diselenggarakan Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang.

Tim yang terdiri atas Muhammad Luthfi, Yoseph Karolus Lama Lewa, Riana Prihapsari, Auliana Ayu Sholekhah, dan Yasinta Barek Hayon berhasil bersaing dengan 340 peserta dari 80 perguruan tinggi berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Prodi BK FKIP UMBY, Luky Kurniawan pada Senin (10/6/2024) mengatakan lomba puisi nasional ini digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dengan tema ‘Aku Indonesia, Aku Pancasila’. Lomba ini yang diselenggarakan di Gedung Kuliah Umum dr HR Suparsono UNTIDAR ini berlangsung pada Sabtu (1/6/2024) silam.

“Terdiri dari tiga sub kategori, yaitu lomba menulis puisi, lomba membaca puisi, dan lomba musikalisasi puisi. Tim UMBY masuk dalam kategori musikalisasi puisi,” jelasnya

Dipaparkan, seleksi awal peserta dilakukan secara daring dengan mengambil 15 peserta yang dinyatakan lolos masuk babak final.

Pada hari pertandingan, sebelum dinyatakan juara III, tim BK UMBY beradu bakat terlebih dahulu dengan tim dari Universitas Nurul Huda, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas PGRI Semarang dan Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

“Terlihat peserta tampak antusias dan memiliki bakat yang luar biasa, mereka saling bekerja sama untuk mengembangkan keterampilan musikalisasi puisi. Adapun juri yang menilai terdiri dari tiga praktisi sastra yaitu Hasta Indriyana, Wicahyanti Rejeki, dan Eko Triono, serta enam dosen UNTIDARr,” lanjut Luky.

Capaian prestasi ini menunjukkan mahasiswa BK UMBY tidak hanya fokus pada sisi akademik saja, tetapi juga selalu dikukung dan diberi kesempatan mengikuti berbagai kompetisi.

“Kami bangga dengan prestasi yang diraih mahasiswa BK, hal ini menunjukkan bahwa mereka selalu mengasah softskill sesuai bakat dan minatnya,” jelas Luky.

Mewakili tim, Auliana Ayu Sholekhah menyampaikan terimakasih kepada Prodi BK FKIP UMBY yang telah memberikan apresiasi dan dukungan sehingga timnya dapat berpartisipasi bahkan meraih juara pada lomba musikalisasi puisi yang diadakan Untidar.

“Terimakasih Prodi BK FKIP UMBY yang selalu mendukung mahasiswanya untuk terus berkembang bahkan hingga kami dapat meraih juara III lomba tingkat nasional,” katanya.

Dirinya berharap melalui lomba puisi ini dapat meningkatkan apresiasi terhadap puisi baik dari sisi isi maupun bentuknya, sehingga dapat mendalami makna puisi dan menyampaikan interpretasi secara kreatif.

Read Next