logo

Bisnis

UMM Tawarkan Hotel dan Kafe Kontainer kepada Wisatawan

UMM Tawarkan Hotel dan Kafe Kontainer kepada Wisatawan
Penampakan My Dormy Hostel UMM. ((EDUWARA/Dok UMM))
Fathul Muin, Bisnis18 Desember, 2021 06:00 WIB

Eduwara.com, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menawarkan hotel dan kafe kontainer, My Dormy Hostel UMM, kepada wisatawan yang datang ke Malang.

Manager My Dormy Hostel UMM, Teguh Hadi Saputro, mengatakan keunggulan kompetitif hotel dan kafe yang berlokasi di kampus tersebut selain menggunakan kontainer, juga ramah lingkungan dan menawarkan kepada pengunjung pemandangan Kota Malang dari hotel.

"Bahan baku kontainer untuk membangun dormitory ini berasal dari hibah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada UMM," katanya, Jumat (17/12/2021).

Karena jumlah kontainer banyak, kata dia, lalu dirancang untuk pembangunan hostel dan kafe. Pengerjaan hostel telah berjalan sejak 2019, namun proses pengerjaannya terhambat karena pandemi.

"Ide pembangunan penginapan kontainer ini berasal dari para pimpinan UMM, " ucapnya.

Pembangunan My Dormy Hostel UMM, dia mengklaim, adalah unik karena penginapan ini merupakan hostel kontainer pertama di Kabupaten Malang dan Kota Batu. Selain itu, hostel ini juga ramah lingkungan karena sebagian daya listriknya memanfaatkan daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) milik UMM.

Menurut Teguh, pembangunan hostel  merupakan tantangan baru bagi UMM karena metode pembangunan yang tidak sama dengan bangunan lainnya, yaitu menggunakan bahan baku kontainer.

Selain itu, skalanya juga lebih besar dibanding proyek UMM sebelumnya yang hanya membangun tempat gym dari kontainer. Pengerjaan penginapan tersebut akhirnya rampung di pertengahan 2021.

"My Dormy UMM ini memiliki 120 kamar yang terdiri atas tiga tipe kamar yang berbeda. Seperti kebanyakan hostel lainnya, beberapa fasilitas yang kami sediakan dapat digunakan untuk umum, seperti dispenser umum dan area playground yang berada di ruang lobi," ujarnya.

Penerapan ini dipilih UMM agar para tamu dapat berjejaring serta berkenalan dengan orang baru di dalam hostel.

Konsep unik lainnya, yang ditawarkan My Dormy Hostel UMM, adalah predikatnya sebagai hostel edukasi. Nantinya, beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UMM juga bisa melangsungkan program dan event di hostel tersebut.

"Akhir tahun ini, kami memfokuskan diri untuk mengenalkan kafe kontainer ke masyarakat umum. Begitupun dengan membuka fasilitas hostel untuk publik. Mereka yang ingin mencoba suasana hostel ini bisa memesan kamar melalui beberapa travel agent seperti traveloka, tiket.com, dan lain sebagainya," ucapnya.

 

Read Next