logo

Kampus

Unpad Digandeng Pemkot Bandung Intensifkan Progam Buruan SAE

Unpad Digandeng Pemkot Bandung Intensifkan Progam Buruan SAE
Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran Dr. Yudi Nurul Ihsan, SPI, M.Si menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ir. Gin Gin Ginanjar, M. Eng, di Gedung 1 FPIK Unpad, Jatinangor,Rabu (30/12/21). (Unpad)
Bunga NurSY, Kampus03 Januari, 2022 07:54 WIB

Eduwara.com, BANDUNG—Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung melakukan intensifikasi program Buruan SAE (Sehat, Alami, Ekonomis).

Perjanjian kerja sama itu dilakukan oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran Dr. Yudi Nurul Ihsan, SPI, M.Si dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ir. Gin Gin Ginanjar, M. Eng, di Gedung 1 FPIK Unpad, Jatinangor, Rabu (30/12/21).

Buruan SAE adalah sebuah program urban farming terintegrasi yang digalakkan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung.  “Program ini bertujuan menanggulangi ketimpangan permasalahan pangan melalui pemanfaatan pekarangan atau lahan dengan berkebun untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri,” katanya seperti dikutip dari situs resmi Unpad, Senin (03/01/2022).

Pada kesempatan tersebut, Gin Gin mengungkapkan bahwa program Buruan SAE merupakan konsep yang dicetuskan Wali Kota Bandung (alm) Oded M. Danial. Program ini  merupakan pengembangan dari konsep urban farming yang telah banyak dilirik di tingkat nasional dan internasional.

Gin Gin pun berharap akademisi dapat menghadirkan lebih banyak inovasi berbasis ilmiah untuk program ini.

Sementara itu, Yudi mengatakan bahwa kerja sama FPIK Unpad dengan Kota Bandung juga dapat dikembangkan lagi melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dimana setiap lokasi Buruan SAE dapat didampingi oleh mahasiswa FPIK Unpad. Selain itu, menurut Yudi, potensi urban farming sebagai objek riset sangat menarik untuk digali dan dikembangkan lebih besar lagi. 

Read Next