logo

Sekolah Kita

Usia Ke-38, SMAN 1 Jetis Bantul Perkuat Konsep Sekolah Pelestari Lingkungan

Usia Ke-38, SMAN 1 Jetis Bantul Perkuat Konsep Sekolah Pelestari Lingkungan
GKR Hemas hadir pada puncak acara peringatan HUT ke-38 SMA N 1 Jetis Bantul, Senin (21/11/2022), untuk membuka pameran seni rupa dan Opsi/Fiksi, serta penanaman pohon gaharu sebagai lambang pelestarian lingkungan dan mendukung Sekolah Adiwiyata. (EDUWARA/Dok. Humas SMA N 1 Jetis Bantul)
Setyono, Sekolah Kita21 November, 2022 21:53 WIB

Eduwara.com, JOGJA - SMAN 1 Jetis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (21/11/2022) merayakan usia ke-38. Pada hari ulang tahunnya ini, SMAN 1 Jetis semakin memperkuat konsep diri sebagai sekolah pelestari lingkungan.

Dalam rilisnya, Humas Ema Kusumawati mengatakan pada peringatan HUT ke-38, tema yang diambil adalah 'Mengabadikan Budaya Nusantara'.

"Lewat tema ini kami menghadirkan konsep Kultural Amerta Dwipantara (AMERTA) sebagai upaya pelestarian budaya luhur dan ajang kreativitas siswa," jelasnya.

Dalam rangkaian kegiatan, sekolah dan siswa menggelar berbagai kegiatan seperti lomba siswa yang terdiri dari lomba tari kreasi tiap kelas, gitar solo, musik dan vokal (online), lomba roket air dan memancing (offline), aksi donor darah, workshop pranatacara dan ngadi sarira lan ngadi busana, serta pameran seni rupa dan Opsi/Fiksi. 

Sedangkan Malam Gelar Budaya, Senin malam (21/11/2022), yang diselenggarakan di Amphiteater SMA N 1 Jetis, dimeriahkan dengan sendratari dan penampilan paduan suara Gita Jesaba.

Pagelaran sendratari tersebut sebagai implementasi dari program sekolah Berbasis Budaya dan ajang kreativitas siswa dalam menanamkan nilai-nilai karakter dengan lakon ‘Dewi Sri’ sebagai simbul pelestarian lingkungan dan turut serta melindungi ekosistem dunia. 

"Dewi Sri adalah simbul kemakmuran bagi masyarakat, khususnya petani. Ini sejalan dengan salah satu keunggulan SMA N 1 Jetis sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri sejak 2018," kata Ema.

Sedangkan puncak acara HUT ke-38, dipimpin Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Senin (21/11/2022). Kemudian dilanjutkan pameran seni rupa dan Opsi/Fiksi yang dibuka oleh GKR Hemas.

“Setelah membuka acara pameran, beliau melakukan audiensi bersama siswa SMA N 1 Jetis sebagai wujud sambung rasa antara sang pemimpin dengan kaum muda penerus harapan bangsa,” kata Ema.

Dalam kesempatan tersebut GKR Hemas juga melakukan penanaman pohon Gaharu secara simbolis bersama Bupati Bantul sebagai lambang pelestarian lingkungan untuk mendukung Sekolah Adiwiyata.

Read Next