Bersama Teman Solo, Dosen UPITRA Bantu Pemasaran Digital Destinasi Wisata Baluwarti

22 Oktober, 2024 19:35 WIB

Penulis:Setyono

Editor:Ida Gautama

22102024-UPITRA dan Teman Solo.jpg
Tim dosen Fakultas Vokasi UPITRA Surakarta bersama komunitas pelaku wisata Teman Solo menggulirkan program peningkatan kunjungan wisata dan memperluas jangkauan pasar digital destinasi Baluwarti. (EDUWARA/Dok. Pribadi)

Eduwara.com, JOGJA – Tim dosen Fakultas Vokasi Universitas Pignatelli Triputra (UPITRA) Surakarta menggandeng komunitas pelaku wisata, Teman Solo, dalam program peningkatan kunjungan wisata dan memperluas jangkauan pasar digital destinasi Baluwarti.

Tim yang diketuai RR Erna Sadiarti Budiningtyas ini berhasil mendapatkan hibah eksternal Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat.

Berlangsung sejak April 2024 sampai akhir November 2024, tim yang dibantu dua dosen S1, yaitu dosen Sistem Informasi UPITRA, Imanuel Zega dan dosen D3 Manajemen Keuangan UPITRA, Moch Deni Rizal, ini fokus mengabdi di Gambuhan, Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Tim juga melibatkan dua mahasiswa, yaitu Brigitta Hernya Only Jayanawi dari Program Studi (Prodi) D3 Manajemen Keuangan UPITRA dan Sebastianus Dangga dari Prodi S1 Sistem Informasi UPITRA.

“Kami memberi judul program ‘Pengembangan Manajemen Destinasi Pariwisata Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Pemasaran Destinasi Wisata Kota Surakarta,” kata RR Erna Sadiarti Budiningtyas selaku Ketua Tim PkM Fakultas Vokasi UPITRA, Selasa (22/10/2024).

Website Kampung Baluwarti

Dalam kegiatannya, kata Erna, Tim PkM Fakultas Vokasi UPITRA memberikan pelatihan mengenai pengenalan sejarah dan potensi wisata Kelurahan Baluwarti. Hal ini bertujuan meningkatkan kesadaran peserta mengenai nilai sejarah dan budaya lokal serta potensi yang dapat diangkat sebagai daya tarik wisata.

Kemudian, dilanjutkan dengan pelatihan manajemen keuangan menggunakan konsep Break Even Point (BEP). Seluruh peserta diberikan pemahaman mengenai cara menghitung BEP, pentingnya BEP dalam perencanaan keuangan usaha, dan bagaimana mengaplikasikannya untuk memaksimalkan keuntungan.

“Pelatihan ini disertai dengan simulasi perhitungan BEP menggunakan data usaha peserta, sehingga peserta dapat langsung mempraktikkan pengetahuan yang diperoleh,” lanjutnya.

Tim PkM Fakultas Vokasi UPITRA juga memberikan pelatihan tentang pembuatan dan pengelolaan website untuk Kampung Baluwarti. Pada sesi ini, peserta diajarkan langkah-langkah dasar dalam pembuatan website, termasuk pemilihan platform yang sesuai, pembuatan konten yang menarik (khususnya foto produk yang menarik sebagai display/etalase produk), serta optimasi website untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

“Pelatihan ini juga mencakup strategi pemasaran digital melalui website dan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui www.baluwartiexperience.com,” ucapnya.

Erna menambahkan, secara keseluruhan melalui program Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan akan mampu meningkatkan pemahaman tentang potensi lokal dan manajemen destinasi, mampu menguasai konsep BEP dalam pengelolaan keuangan, meningkatkan pelayanan kualitas dan promosi digital serta pendokumentasian serta penyebaran hasil lewat website ‘Baluwarti Experience’.

Koordinator Teman Solo, Valent Carollina, menyambut baik dan mengapresiasi kemitraan dari Fakultas Vokasi UPITRA Surakarta ini. Bagi Valent, program PkM Fakultas Vokasi UPITRA ini akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Baluwarti.

“Kegiatan ini juga melibatkan UMKM Baluwarti,” tutupnya.