Hadirkan ‘Colour Your Life’, UMBY Ajarkan Identifikasi Emosi

16 Agustus, 2024 21:24 WIB

Penulis:Setyono

Editor:Ida Gautama

16082024-UMBY colour your life.jpg
Tangkapan layar suasana pelatihan ‘Colour Your Life’ yang diikuti mahasiswa Prodi PIAUD STAIM Blora pada 7 Agustus lalu. ‘Colour Your Life’ merupakan permainan untuk membantu anak dan orang dewasa bersama-sama mengidentifikasi emosi yang muncul pada anak. Pelatihan ini diselenggarakan Tim dosen Fakultas Psikologi UMBY. (EDUWARA/Dok. UMBY)

Eduwara.com, JOGJA – Tim dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menghadirkan pelatihan bertajuk ‘Colour Your Life’ kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Blora.

‘Colour Your Life’ merupakan permainan untuk membantu anak dan orang dewasa bersama-sama mengidentifikasi emosi yang muncul pada anak.

Dua dosen Fakultas Psikologi UMBY, yaitu Katrim Alifa Putrikita dan Malida Fatimah, memberikan pelatihan secara online kepada 55 peserta, yang terdiri dari mahasiswa dan dosen PIAUD STAIM Blora yang mendampingi mahasiswa mengikuti pelatihan pada 7 Agustus lalu.

“Melalui permainan ini, anak-anak diharapkan mampu menjelaskan emosi yang dirasakannya, sehingga orang dewasa bisa lebih memahami anak,” kata Katrim dalam rilis pada Kamis (15/8/2024).

Dijelaskan Katrim, permainan ini menjadi penting bagi salah satu orang dewasa terdekat anak, yaitu guru dan secara khusus, bagi mahasiswa Prodi PIAUD STAIM Blora, yang sebagian besar berprofesi sebagai pendamping siswa-siswi KB dan TK. Pelatihan “Colour Your Life” bermanfaat ketika berhadapan dengan siswa didiknya.

Praktis

Dosen Prodi PIAUD STAIM Blora, Agustina Putri Reistanti, mengatakan pelatihan ini sangat tepat untuk Alat Pembelajaran Edukatif (APE) bagi mahasiswa, di mana prinsip utama belajar pada anak usia dini adalah bermain sambil belajar.

“Pelatihan ‘Colour Your Life’ secara garis besar terdiri dari dua sesi utama, yaitu penjelasan materi dan praktik serta role-play,” ucapnya.

Kepala Program Studi PIAUD STAIM Blora, Achmad Irchamni, mengatakan mahasiswa yang mengikuti pelatihan ‘Colour Your Life’ merasa senang karena permainan yang dilatih sangat praktis untuk diberikan kepada siswa-siswi yang didampingi.

“Pelatihan ini diharapkan memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan mengenai permainan yang membantu anak untuk meregulasi emosinya, sekaligus mengatakan emosinya secara verbal,” jelasnya.

Harapannya, hal ini akan menjadi pembiasaan sehingga meminimalisir tantrum pada anak, akibat emosi negatif yang tidak bisa diidentifikasi dan dimanajemen dengan baik.