UMBY Dukung Mahasiswa dan Alumni Berkarir di Dalam dan Luar Negeri

23 September, 2024 22:30 WIB

Penulis:Setyono

Editor:Ida Gautama

23092024-UMBY workshop persiapan karir internasional.jpg
BKA UMBY bekerja sama dengan KINOBI Singapura menyelenggarakan Workshop Persiapan Karir Internasional di Ruang Seminar Rektorat UMBY, Jumat (20/9/2024). Mengusung tema ‘Kickstart Your Career Journey by Crafting CV ATS-Friendly and Powerful Personal Branding through Linkedin’, workshop diikuti 170 peserta perwakilan mahasiswa Program Studi S1 dan S2 UMBY. (EDUWARA/Dok. UMBY)

Eduwara.com, JOGJA - Bagian Career Center, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkomitmen memfasilitasi dan mendukung mahasiswa serta alumni UMBY untuk mempersiapkan karir di Indonesia maupun di luar negeri.

Dukungan tersebut, salah satunya diwujudkan melalui gelaran Workshop Persiapan Karir Internasional bertema ‘KickstartYour Career Journey by Crafting CV ATS-Friendlyand Powerful Personal Branding through Linkedin’, Jumat (20/9/2024).

Bekerja sama dengan KINOBI Singapura, workshop tersebut diselenggarakan di Ruang Seminar Rektorat UMBY, Kampus I, Jl Wates km 10 Yogyakarta dengan peserta 170 perwakilan mahasiswa Program Studi S1 dan S2 UMBY.

Kepala Bagian Career Center UMBY, Ajat Sudrajat, mengatakan melalui kegiatan workshop diharapkan mahasiswa UMBY mendapatkan pengetahuan dan gambaran mengenai bagaimana mempersiapkan karir, mulai dari membangun personal branding, mampu membuat CurriculumVitae (CV) yang menarik dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

“Kami sangat berharap mahasiswa mampu mempersiapkan karirnya masing-masing secara terstruktur, apakah akan bekerja, melanjutkan studi S2, berwirausaha atau bahkan menikah,” jelas Ajat dilansir Senin (23/9/2024).

Setelah workshop, lanjut Ajat, UMBY akan mengadakan career portal. Ini merupakan program untuk membantu mahasiswa dan alumni lebih cepat mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

“Program ini merupakan hasil kerja sama UMBY dengan KINOBI Singapura yang sudah mendukung program. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua,” imbuhnya.

SDM Unggul

Customer Success Associate-KINOBI, Dila Paramita, memaparkan KINOBI memiliki banyak program untuk bimbingan karir dan sudah banyak instansi pendidikan yang menjalin kerja sama, termasuk UMBY.

“Untuk itu, kami berharap melalui kerja sama ini kita bisa bersama-sama mencetak SDM unggul untuk Generasi Emas Indonesia. Semoga dapat bermanfaat untuk semuanya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMBY, Reo Sambodo, mengatakan UMBY berkomitmen memfasilitasi dan mendukung mahasiswa serta alumni dalam mempersiapkan karir, baik untuk berkarir di Indonesia maupun di luar negeri.

“Dari workshop ini, kami berharap mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan gambaran mengenai bagaimana membangun personal branding, membuat CV yang menarik dan mengetahui tips dalam mempersiapkan karir pasca lulus kuliah atau bahkan sebelum lulus. Semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat untuk mahasiswa dan alumni,” ujarnya.