logo

Kampus

10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics

10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics
10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics (Humas UGM)
M. Diky Praditia, Kampus10 Februari, 2022 14:56 WIB

Eduwara.com, SOLO— Lembaga pemeringkatan universitas Webometrics baru saja merilis peringkat universitas di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Lembaga tersebut sudah melakukan pemeringkatan universitas di berbagai negara sejak 2004.

Tercatat sebanyak 2.585 perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam pemeringkatan yang dilakukan setiap enam bulan sekali ini. Webometrics menggunakan tiga indikator utama dalam menilai dan menentukan peringkat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Indikator pertama, Visibilitas atau kejelasan, yaitu pengaruh konten web institusi. Dalam indikator ini dilihat seberapa banyak jumlah jaringan luar yang terhubung pada laman web resmi universitas. Indikator bernilai 50 persen.

Kedua, keterbukaan atau transparansi. Indikator ini menilai jumlah sitasi dari 210 peneliti teratas di sebuah perguruan. Nilai pada indikator ini sebesar 10 persen dari keseluruhan indikator. 

Indikator ketiga, yaitu penelitian. Indikator ini menilai jumlah jurnal penelitian pada 10 persen teratas selama lima tahun terakhir, dan yang paling banyak dikutip dari total 27 disipilin ilmu. Bobot nilai pada indikator ini sebesar 40 persen.

Berikut 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia baik negeri maupun swasta;

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gajah Mada Yogyakarta
  3. Universitas Brawijaya Malang
  4. Institut Pertanian Bogor
  5. Universitas Airlangga Surabaya
  6. Universitas Sebelas Maret Solo
  7. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
  8. Universitas Telkom
  9. Institut Teknologi Bandung
  10. Universitas Lampung

 

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi, 10 universitas di atas bisa dipertimbangkan untuk menjadi pilihan utama kamu untuk berkuliah.

Read Next