logo

Kampus

39 Mahasiswa Unsoed Magang MBKM Bersertifikat ke Jepang

39 Mahasiswa Unsoed Magang MBKM Bersertifikat ke Jepang
Sebanyak 39 mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mengikuti seremonial Pelepasan Mahasiswa di BSD City Tangeran Selatan, Rabu (6/4/2022). Ke-39 mahasiswa ini akan melaksanakan internship/magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Bersertifikat selama 8-12 bulan di Jepang. (EDUWARA/Humas Unsoed)
Redaksi, Kampus08 April, 2022 04:04 WIB

Eduwara.com, PURWOKERTO – Sebanyak 39 mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) akan melaksanakan internship/magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Bersertifikat selama 8-12 bulan ke Jepang.

Ke-39 mahasiswa tersebut terdiri dari 17 mahasiswa Fakultas Pertanian, yang akan magang di beberapa perusahaan di bidang pertanian di Kota Nagano, dan 22 mahasiswa Fakultas Pertanian dan Ilmu Kelautan, yang akan magang di beberapa perusahaan perikanan di Kota Hokaido.

Dalam laman resmi Unsoed, Kamis (7/4/2022), dijelaskan program internship terlaksana atas kerjasama antara Unsoed, PT Yonata Dewi Sejahtera, dan LPK Kokorono Siji. Masing-masing masing-masing fakultas juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan setiap perusahaan yang menjadi tempat magang mahasiswa.

Program magang ke Jepang menjadi sangat istimewa karena Unsoed menjadi universitas yang pertama melaksanakan program ini. Unsoed juga telah siap dengan berbagai persyaratan dan dokumen, khususnya terkait dengan MBKM, sehingga setelah melalui berbagai proses, baik seleksi maupun pelatihan Bahasa, akhirnya 39 mahasiswa Unsoed dapat melaksanakan program magang di Jepang.

Dalam seremonial Pelepasan Mahasiswa di BSD City Tangeran Selatan, Rabu (6/4/2022), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Kuat Puji Prayitno, mengatakan bahwa kebijakan MBKM membuat mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar di luar program studi, sehingga diharapkan tidak hanya menguasai konseptual teoritis semata, melainkan juga belajar dalam konteks yang nyata yakni di masyarakat, dunia industri, dan dunia usaha.  

“Unsoed berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa dalam berbagai bentuk kegiatan salah satunya adalah magang,” jelas Kuat, seperti dilansir dalam laman resmi Unsoed, Kamis (7/4/2022).

Soft Skill

Kepada 39 mahasiswa Unsoed peserta magang, Kuat berpesan agar mereka dapat mengambil banyak kesempatan untuk belajar bukan hanya substansi keilmuannya melainkan juga pada aspek soft skill-nya. Kuat juga menyampaikan apresiasi kepada PT Yonata Dewi Sejahtera dan LPK Kokorono Siji, yang telah membantu semua proses administrasi, pendidikan bahasa Jepang, hingga proses pemberangkatan mahasiswa tujuan Nagano dan Hokkaido ini. 

Dukungan senada disampaikan Dekan Fakultas Perikanan Unsoed, Isdy Sulistyo. Menurutnya, program internship ke Jepang sangat bagus karena membuka pengalaman dan ilmu mahasiswa secara langsung. "Para mahasiswa belajar mandiri dan menerapkan teori yang mereka pelajari di negeri sakura, ini bagus sekali," paparnya. 

Acara pelepasan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Komisaris PT YDS Musa Yosep didampingi Direktur Utama PT YDS Nana Nuzul Husnah, Direktur SDM dan Keuangan PT YDS Marnarita Yarsi dan Kepala LPK KS Lula Bagus.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsoed Kuat Puji Prayitno, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed Isdy Sulistyo, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian Unsoed Siswantoro, Kepala UPT layanan Internasional Erwin Riyanto Ardli, dan Ketua Tim Pengelola Mahasiswa Magang ke Luar Negeri Unsoed Romanus Edy Prabowo. (*)

Read Next