logo

Kampus

5 Universitas dengan Program Bisnis & Manajemen Terbaik Dunia

5 Universitas dengan Program Bisnis & Manajemen Terbaik Dunia
Didirikan pada tahun 1636, Universitas Harvard adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat, dan secara luas dianggap memiliki pengaruh dan reputasi  tinggi sebagai universitas terkemuka tidak hanya di AS tetapi juga dunia. (Istimewa)
Bunga NurSY, Kampus08 November, 2021 10:30 WIB

Eduwara.com, BALIKPAPAN—Bisnis dan manajemen merupakan  bidang studi yang cukup populer dan bergengsi di Indonesia. 

Tak ayal, minat untuk melanjutkan studi di bidang ini di luar negeri juga tinggi. Dengan demikian, referensi mengenai gambaran maupun fasilitas kampus yang menawarkan program ini juga patut dicari.

Maka dari itu, mari kita simak ranking universitas dengan program bisnis dan manajemen terbaik di dunia berdasarkan QS World University Ranking 2021.

1. Universitas Harvard, AS

Didirikan pada tahun 1636, Universitas Harvard adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat, dan secara luas dianggap memiliki pengaruh dan reputasi  tinggi sebagai universitas terkemuka tidak hanya di AS tetapi juga dunia.

Jurusan bisnis dan manajemen kampus ini juga merupakan yang terbaik. Jurusan ini menawarkan dua program master yakni Master Of Liberal Arts In Extension Studies (Finance) dan Master Of Liberal Arts In Extension Studies (Management).

2. INSEAD, Prancis

Di posisi kedua ada Institut Européen d'Administration des Affaires (INSEAD) yang terletak di Fontainebleau, sebelah tenggara Paris, Prancis. Meskipun berbasis di Prancis, universitas ini memilik kampus juga di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dan Singapura.

Program master di universitas ini pun cukup beragam. Untuk studi master secara fulltime, ada Master of Business Administration (MBA) dan Master in Management. Selain itu, ada pula empat program pascasarjana yang ditujukan bagi kalangan professional yang bisa diambil secara part time. 

3. London Business School, Inggris

London Business School terletak tidak jauh dari Regent's Park di Baker Street, distrik keuangan London yang terkenal di dunia. Mereka menawarkan program MSc, MBA dan EMBA bergengsi yang meliputi akuntansi, ekonomi, keuangan, ilmu manajemen dan operasi, pemasaran, perilaku organisasi, strategi dan kewirausahaan.

Sebanyak 94% dari lulusan manajemen London Business School menerima tawaran dalam waktu tiga bulan setelah kelulusan. Kemudian, 50% dari lulusan ini dipekerjakan di Inggris dan 27% dari mereka di Eropa.

4. Massachusetts Institute of Technology (MIT), AS

Kampus terbaik berikutnya juga berasal dari AS, yakni  Massachusetts Institute of Technology (MIT). MIT Sloan School of Management adalah pilihan populer di kalangan mahasiswa pascasarjana dan menawarkan program MBA yang terkenal di dunia serta program master di bidang keuangan, analisis bisnis, dan manajemen.

5. Universitas Stanford, AS

Universitas Stanford berada di pusat Silicon Valley di California Utara, AS yang merupakan  basis perusahaan ternama seperti Yahoo, Google hingga Hewlett-Packard didirikan oleh dan terus dipimpin oleh alumni dan Universitas Stanford. Kampus ini bahkan dijuluki  sebagai pabrik miliarder.

Stanford memiliki salah satu kampus terbesar di AS, dengan 18 lembaga penelitian interdisipliner dan tujuh sekolah: Sekolah Pascasarjana Bisnis; Sekolah Ilmu Bumi, Energi & Lingkungan; Sekolah Pascasarjana Pendidikan; Sekolah Teknik; Sekolah Humaniora dan Ilmu Pengetahuan; Sekolah hukum; dan Fakultas Kedokteran.

 

 

Read Next