logo

Sekolah Kita

58 Siswa SMK Giri Handayani Dikukuhkan sebagai Kader Bela Negara

58 Siswa SMK Giri Handayani Dikukuhkan sebagai Kader Bela Negara
Pelantikan Kader Muda Bela Negara 2022 di SMK Giri Handayani Gunungkidul. (EDUWARA/Dok. Pemkab Gunungkidul)
Setyono, Sekolah Kita07 November, 2022 21:00 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Sebagai upaya menumbuhkan dan meningkatkan semangat nasionalisme, 58 siswa SMK Giri Handayani, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dikukuhkan sebagai Kader Muda Bela Negara 2022.

Sebelum dikukuhkan, ke-58 siswa ini wajib dan telah mengikuti diklat sehari yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Bela Negara (FKBN) DIY di sekolahnya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta yang melantik langsung ke-58 siswa tersebut berharap pengukuhan ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan pemuda kepada bangsa dan negara.

"Kegiatan seperti ini adalah suatu momentum yang sangat kuat, tentang bagaimana kita mencintai bangsa ini. Membela negara bukan berarti menjadi tentara, tetapi bagaimana menjadi baik di negara ini, salah satunya dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila," jelas Sunaryanta, Senin (7/11/2022).

Tak hanya itu, Bupati juga berpesan pentingnya penguatan moralitas dan mentalitas perlu dikembangkan dan perlu ditanamkan sehingga ke depan menjadi semakin lebih baik, serta dapat ditingkatkan lagi kegiatan bela negara seperti ini.

Pada pelantikan tersebut, Bupati didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Johan Eko Sudarto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Siwi Irianti, serta dari FKBN DIY.

Read Next