logo

Kampus

Dua Prodi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Terakreditasi Unggul

Dua Prodi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Terakreditasi Unggul
Sertifikat akreditasi Prodi PGSD FKIP USD (EDUWARA/Dok. USD)
Setyono, Kampus07 November, 2022 20:25 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) menetapkan dua Program Studi (Prodi) pada Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta lulus akreditasi Unggul. Dua prodi tersebut adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia.

Berdasarkan SK LAMDIK nomor 515/SK/LAMDIK/Ak/S/X/2022 dan 517/SK/LAMDIK/Ak/M/X/2022 tanggal 24 Oktober 2022, Prodi PGSD mendapatkan peringkat akreditasi Unggul dengan nilai 381, sementara Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia meraih peringkat akreditasi Unggul dengan nilai 364.

Ketua Prodi (Kaprodi) PGSD, Kintan Limiansih menyebut keberhasilan ini adalah buah kerja keras dan dukungan dari banyak pihak.

"Dari dosen, tendik, mahasiswa di Prodi PGSD, juga dari FKIP, para pimpinan biro dan unit di tingkat universitas, serta rektorat yang senantiasa membantu kami. Tidak lupa para alumni yang berkontribusi besar, saya mengucapkan banyak terima kasih," kata Kintan, Senin (7/11/2022).

Kintan menyatakan mungkin banyak pihak di luar Prodi PGSD tidak menyadari bahwa setiap upaya yang mereka lakukan sehari-hari memberi kontribusi yang nyata pada keberhasilan ini.

Sertifikat akreditasi Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP USD. (EDUWARA/Dok. USD)

Kaprodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Kunjana Rahardi menyatakan keberhasilan ini ditentukan oleh partisipasi aktif semua pihak dari sejak awal. Para dosen yang sangat aktif dalam melakukan penelitian dan publikasi artikel ke berbagai jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi.

"Para tendik yang bekerja keras menyiapkan administrasi dan layanan prima. Para mahasiswa yang juga aktif berkolaborasi dengan dosen-dosen dalam penelitian dan publikasi. Para alumni juga memberikan respon yang sangat baik dalam proses tracer study, testimoni kepuasan selama menjalani perkuliahan, dan mampu menjelaskan relevansi ilmu yang diperoleh di dunia kerja," paparnya.

Dekan FKIP USD Yogyakarta, Tarsisius Sarkim, menyampaikan keberhasilan ini sangat berdampak bagi para mahasiswa dan lulusan. Mahasiswa yang lulus dari prodi PGSD dan S2 Pendidikan Bahasa Indonesia akan menyandang gelar sarjana atau magister yang lulus dari prodi yang terakreditasi unggul.

"Ini tentu sangat berdampak bagi karir dan masa depan mereka. Keberhasilan dua prodi ini menjadi awal yang baik sekaligus menantang bagi pengembangan keilmuan dan kontribusi bagi masyarakat yang lebih luas," jelasnya.

Lewat akreditasi Unggul ini, Sarkim menyatakan pihaknya akan akan menata ulang kurikulum, penjadwalan kuliah dari sore hingga malam untuk menjangkau para profesional, guru, dan para pelaku media seperti wartawan, reporter, dan calon penulis.

"Kami juga akan mengembangkan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing – (BIPA) untuk S2. Karena belum banyak yang menyasar pada program ini. Semoga kita bisa mempertahankan apa yang sudah dicapai, syukur besok bisa mendapat Akreditasi Internasional," ungkapnya.

Read Next