logo

Kampus

Akselerasi Kampus Merdeka Tergantung Dosen

Akselerasi Kampus Merdeka Tergantung Dosen

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar makarim. / disdik.musirawaskab.go.id

undefined
Adnyana, Kampus21 Oktober, 2021 17:55 WIB

Eduwara, Jakarta—Kesuksesan program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan sangat ditentukan oleh para dosen yang terlibat dalam Penugasan Duta Kampus Merdeka.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyampaikan antusiasmenya atas peran para duta yang akan melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan bimbingan dari dalam perguruan tinggi masing-masing, baik kepada mahasiswa, dosen, maupun para ketua program studi (prodi). 

“Saya menaruh harapan yang sangat besar kepada Ibu dan Bapak untuk memastikan kebijakan dan kurikulum Kampus Merdeka dapat diterapkan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia,” ucap Nadiem, saat peluncuran Penugasan Duta Kampus Merdeka, Senin (18/20).

Mendikbudristek juga menekankan pentingnya peran Duta Kampus Merdeka dalam memastikan kesiapan dan keberlanjutan implementasi kebijakan Kampus Merdeka. 

Duta Kampus Merdeka adalah program dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Kemendikbudristek, Nizam yang ditujukan bagi para dosen untuk membantu mengidentifikasi dan mengatasi tantangan implementasi Kampus Merdeka yang masih banyak ditemui di perguruan tinggi.
Peran utama Duta Kampus Merdeka adalah sebagai go-to-person di perguruan tinggi asal maupun perguruan tinggi sekitar untuk menjawab dan membantu memecahkan masalah seputar program Kampus Merdeka sehingga tidak ada lagi kendala untuk mengimplementasikannya pada kurikulum perguruan tinggi.

Pada kesempatan ini, para duta diberikan berbagai materi pembekalan untuk menyamakan persepsi tentang program Duta Kampus Merdeka dan apa saja yang harus mereka lakukan. 

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Aris Junaidi, juga menyampaikan urgensi implementasi Kampus Merdeka untuk mendorong pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan pentingnya sinergi antara LLDikti, Perguruan Tinggi, Fakultas, dan Prodi.

Di samping itu, Koordinator Duta Kampus Merdeka yang baru terpilih, Yanuar Dwi Prastyo, memberikan arahan rencana kerja dan strategi untuk mengoptimalkan tugas dan peran duta hingga akhir 2021. Dalam paparannya, Yanuar memberikan materi pembekalan berupa panduan, landasan, dan tahapan pengembangan kurikulum yang mengoptimalkan profil lulusan. Yanuar juga memberikan simulasi integrasi kurikulum serta proses rekognisi dan konversi SKS untuk program Kampus Merdeka.

“Simulasi proses ini semoga akan menginspirasi dan memudahkan duta lain dalam mereplikasi proses tersebut di perguruan tinggi masing-masing,” harapnya.

Hingga akhir periode penugasan di 2021, Duta Kampus Merdeka terpilih akan melakukan berbagai kegiatan akselerasi implementasi Kampus Merdeka Bersama dengan Koordinator Duta Kampus Merdeka. Laporan kegiatan Duta Kampus Merdeka juga akan menjadi bahan kajian untuk penerapan kebijakan untuk tahun 2022.

Editor: Adnyana

Read Next