logo

EduBocil

Apresiasi Peran Ayah dalam Kehidupan Anak, TK Patra II Jakarta Pusat Rayakan Hari Ayah

Apresiasi Peran Ayah dalam Kehidupan Anak, TK Patra II Jakarta Pusat Rayakan Hari Ayah
Sebanyak 22 anak, bersama dengan ayah dan ibu mereka, merayakan Hari Ayah di TK Patra II Komplek Pertamina Cempaka Putih Jakarta Pusat, Sabtu (11/11/2023). Perayaan Hari Ayah, yang diselenggarakan oleh TK Patra II ini bertujuan untuk mengapresiasi peran ayah dalam kehidupan anak dan memberikan kesempatan kepada ayah untuk terlibat aktif dalam kehidupan sekolah anak mereka. (EDUWARA/Dok. TK Patra II)
Setyono, EduBocil13 November, 2023 11:55 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Ada yang berbeda di TK Patra II Komplek Pertamina Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada Sabtu pagi (11/11/2023). Jika biasanya anak-anak ke sekolah diantar oleh ibu mereka maka pada hari itu, sang ayah turut serta ke sekolah. Tak hanya sekadar mengantar hingga pagar sekolah, pada hari itu para ayah memutuskan membersamai anak-anak mereka, berkegiatan di sekolah.

Hari itu memang menjadi hari yang istimewa bagi anak-anak TK Patra II. Ini karena TK Patra II menggelar perayaan ‘Hari Ayah’. Para ayah diundang untuk datang ke sekolah, menghabiskan waktu, melakukan serangkaian kegiatan bersama anak-anak mereka di sekolah.

Perayaan Hari Ayah ini didukung oleh Badan Pengelola Pendidikan Khusus Dasar dan Menengah Pertamian Foundation (BP PKDM PF), yang menaungi TK Patra II, dan dihadiri 22 peserta didik TK Patra II, beserta ayah dan ibu mereka.

“Setiap sekolah mungkin memilik cara yang berbeda-beda untuk merayakan Hari Ayah, sesuai dengan budaya dan tradisi di setiap sekolah. Begitu pula di TK Patra II, perayaan Hari Ayah ini bertujuan untuk memperkuat ikatan emosional atau hubungan antara ayah dengan anak,” kata Kepala TK Patra II Euis Agung Sari, dalam rilis Minggu (12/11/2023).

Perayaan Hari Ayah juga bertujuan untuk mengapresiasi peran ayah dalam kehidupan anak dan memberikan kesempatan kepada ayah untuk terlibat aktif dalam kehidupan sekolah anak mereka. Hal ini, bukan saja terasa menyenangkan tetapi juga akan berdampak positif pada perkembangan anak dan hubungan anak dengan ayah.

“Hari Ayah bukan hanya tentang memberi hadiah fisik untuk anak, tetapi memberikan hadiah berupa perhatian, waktu dan cinta kepada anak,” kata Euis.

Perayaan Hari Ayah di sekolah diyakini mendukung perkembangan anak. Sebab, sekolah dan keluarga adalah dua pilar yang saling mendukung untuk tumbuh kembang anak dengan baik, dengan cara berkolaborasi atau bekerja sama dalam mendukung pendidikan anak, khususnya di TK Patra II.

Dipandu oleh Shifni dan Aini Farhani, anak-anak TK Patra II pun berceloteh tentang keinginan mereka, kelak ketika sudah besar. Adreena, putri dari Febrian Hidayat misalnya, ingin memberikan pesawat di atas hamparan rumput hijau untuk sang ayah. Sedangkan Benjamin, putra dari Eky ingin memberikan HP dan mobil untuk ayah.

Namun, berbeda dengan Arya, yang ingin membahagiakan Candra ayahnya dengan uang yang banyak. Begitu pula Kevano, yang juga ingin memberikan uang unlimited untuk Aru, ayahnya. Keinginan yang sama juga disampaikan Alesha, duo Malika, Zaviyar.blaise Azkya, dan Lala. 

Syaima, putri dari Riyadh Bawazier mengaku sayang sekali dengan sang ayah dan berharap ayahnya sehat terus. Sedangkan Razka Zyaa Annie Raya, Latifah, Atharis, Asyifa, Melvin dan Abyan berjanji akan memberikan kasih sayang selamanya untuk ayah tercinta.

Anak-anak bersama dengan ayah mereka bekerja sama menyusun menara dari gelas plastik. Kegiatan ini dapat membantu perkembangan keterampilan kognitif anak, seperti pemecahan masalah, kreativitas, dan kemampuan spasial. (EDUWARA/Dok. TK Patra II)

Kenangan Indah

Berbagai kegiatan yang melibatkan ayah dan anak juga digelar sepanjang hari itu. Kegiatan yang mengutamakan pengembangan keterampilan kognitif misalnya, dilakukan ayah dan anak dengan menyusun menara dari gelas dan membuat kreasi dari playdough.

“Kegiatan ini dapat membantu perkembangan keterampilan kognitif anak, seperti pemecahan masalah, kreativitas, dan kemampuan spasial,” jelas Euis.

Sedangkan terkait dengan pendidikan lingkungan, para ayah diminta mengajak anak untuk menanam bibit kacang. Dari kegiatan ini anak belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memberi mereka pengalaman mengenal pertumbuhan tanaman. Kegiatan ini  juga dapat mengembangkan rasa tanggung jawab anak terhadap alam.

Untuk kegiatan kegiatan fisik dipilih bermain pistol air dan menangkap belut. Kegiatan ini bukan hanya menyenangkan bagi anak tetapi juga membuat anak bergerak dan berolahraga, sehingga menyehatkan fisik dan membantu perkembangan motoriknya.

“Melalui berbagai kegiatan ini, anak dan ayah belajar untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas-tugas bersama. Ini adalah keterampilan sosial penting yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” papar Euis.

Tak hanya itu, berbagai kegiatan yang menyenangkan dan dilakukan dengan penuh keceriaan ini, diyakini dapat meningkatkan suasana hati anak dan ayah sehingga dapat memberikan kepuasaan emosional bagi mereka. Berinteraksi dengan ayah dalam berbagai kegiatan juga membantu anak mengembangkan keterampilan komunikasi dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berbicara dan mendengarkan. 

Keberhasilan menyelesaikan berbagai kegiatan di bawah bimbingan ayah juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

“Kegiatan Hari Ayah seperti ini menciptakan kenangan indah yang akan dikenang oleh anak-anak sepanjang hidup mereka. Mereka dapat mengingat momen-momen spesial yang pernah dibagi bersama ayah,” kata Euis.

Orang tua dari Anshar Loveday dan Derry mengapresiasi perayaan Hari Ayah yang digelar TK Patra II. Bukan saja menjadi momen yang luar biasa, tetapi juga memberikan kebahagiaan karena dapat membersamai dan melihat anak tumbuh dan berkembang setiap hari.

“Kami berharap kerja sama yang baik antara sekolah dan keluarga terus berlanjut dalam mendukung pertumbuhan anak. Dan untuk anak-anak, kami ingin mengatakan kalian adalah cahaya mata kami. Kami mencintai kalian lebih dari apapun di dunia ini. Kami siap mendukung dan membimbing kalian dalam semua perjalanan kehidupan. Untuk pihak sekolah, terima kasih telah mengadakan acara yang luar biasa ini. Mari kita rayakan Hari Ayah dengan penuh cinta,  kebahagiaan dan kasih sayang,” pungkasnya.

Read Next