logo

Kampus

Bantu Mahasiswa Penuhi Aspek MBKM, UGM Hadirkan Mata Kuliah Baru Talent Development Course

Bantu Mahasiswa Penuhi Aspek MBKM, UGM Hadirkan Mata Kuliah Baru Talent Development Course
Universitas Gadjah Mada (UGM) menawarkan solusi kepada mahasiswa yang ingin memenuhi aspek Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menghadirkan mata kuliah Talent Development Course. Menurut Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Wening Udasmoro mata kuliah Talent Development Course bertujuan membantu mahasiswa dalam persiapan menghadapi dunia kerja. (EDUWARA/Dok. UGM)
Setyono, Kampus12 September, 2023 21:59 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Universitas Gadjah Mada (UGM) menawarkan solusi kepada mahasiswa yang ingin memenuhi aspek Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menghadirkan mata kuliah Talent Development Course. Kelas ini akan dimulai pada Oktober sampai Desember 2023.

Dilansir pada Selasa (12/9/2023), Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Wening Udasmoro mengatakan mata kuliah Talent Development Course ini bertujuan membantu mahasiswa dalam persiapan menghadapi dunia kerja. Diharapkan mereka mampu berinisiatif dan berinovasi yang memiliki daya saing.

"Saya melihat sebuah sistem atau struktur di dalam sistem pendidikan kita itu belajar berdampak kepada mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. Salah satu contoh adalah kebijakan dari negara, yaitu akreditasi," jelasnya.

Soal akreditasi, menurut Wening, banyak yang resisten, sehingga tidak mau melaksanakan. Kemudian mahasiswa mendaftar di satu pekerjaan, ternyata yang bisa diterima adalah yang akreditasinya A. Ternyata sistem yang diterapkan di negara, berdampak pada mahasiswa.

Terlebih lagi saat ini, pemerintah juga sedang memberikan alternatif baru pada mahasiswa berkenaan dengan skripsi, di mana skripsi saat ini bukan menjadi satu-satunya tugas akhir. Perihal inilah yang berusaha diakomodasi oleh UGM untuk membimbing mahasiswa agar mampu menentukan pilihannya.

 "Kita mencoba memberikan layanan pada mahasiswa ini untuk memiliki aspek-aspek --yang di dalam konteks ini-- adalah MBKM. Sekarang untuk menjadi MBKM itu minimal 10 SKS, bukan 20. Ini kan teman-teman mahasiswa yang sudah KKN dengan 8 SKS, itu dihitung MBKM, nah berarti kan kurang 2. Jadi yang 2 ini kami bantu penyelenggaraan satu mata kuliah, yaitu Talent Development Course ini," terangnya.

Test Psikometrik

Nantinya, lanjut Wening, mahasiswa akan mendapat total 10 SKS yang bisa diakreditasikan menjadi MBKM.

Tak hanya itu, mata kuliah Talent Development Course turut menghadirkan para ahli dan wirausahawan di bidang bisnis yang siap berbagi pengalaman menarik pada mahasiswa. Mata kuliah ini menggaet kerja sama dengan badan pemerintah dan swasta, seperti BUMN RI, Bank BNI, Nara Synergy, Bespin Global, dan institusi lainnya.

Periode pendaftaran dibuka pada 1-29 September 2023 dalam 12 sesi pilihan yang dapat dipersonalisasi sesuai minat mahasiswa. Sedangkan periode pembelajaran akan dimulai pada bulan Oktober-Desember 2023 sesuai ketersediaan mentor.

"Setelah mendaftar, nanti akan ada tes psikometrik. Hasil tes ini nanti akan menjadi rekomendasi mata kuliah apa yang perlu diambil. Melalui mata kuliah ini, harapannya nanti akan menjadi arahan bagi teman-teman untuk di dunia karir," jelasnya.

Setiap mahasiswa berkesempatan untuk memilih 12 dari 16 mentor dalam satu mata kuliah. Kelas yang diambil pun memiliki materi beragam yang dikhususkan bagi mahasiswa sebelum berkecimpung di dunia profesional.

Pengadaan mata kuliah Talent Development Course dirancang sesuai kebutuhan mahasiswa dalam belajar. Bersama dengan mentor terbaik, harapannya mahasiswa dapat mempelajari seluk beluk dunia karier dan bersiap sebelum menyelesaikan studi.

Tentunya mata kuliah ini menjadi kesempatan emas untuk belajar sekaligus mendapatkan akreditasi terbaik yang dapat membuka peluang kerja di masa depan.

Read Next