logo

Kampus

Berhasil Hemat Energi 70 Persen, Laboratorium i-CELL Milik UI Dapat Sertifikasi Bangunan Hijau

Berhasil Hemat Energi 70 Persen, Laboratorium i-CELL Milik UI Dapat Sertifikasi Bangunan Hijau
Laboratorium Hijau Terintegrasi iCell UI Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI)
Bhakti Hariani, Kampus22 Maret, 2022 15:18 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Gedung i-CELL Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) terbukti berhasil menekan penghematan energi hingga 70 persen dan penghematan air mencapai 42 persen. 

Gedung Integrated Creative Engineering Learning Laboratory (i-CELL) FTUI yang diresmikan pada September 2021 itu meraih sertifikasi Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) Advanced dari Green Building Council Indonesial. 

Dekan FTUI 2018—2022 Hendri D.S. Budiono mengatakan sertifikasi EDGE terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan pembuktian penghematan energi, air dan material, EDGE Certified (penghematan minimal 20 persen), EDGE Advanced (penghematan minimal 40 persen) dan Zero Carbon (pengematan 100 persen). 

Sertifikasi bergengsi ini merupakan sertifikasi bangunan hijau yang diberikan kepada bangunan-bangunan yang dinilai terbukti berhasil mencapai minimal 40 persen untuk efisiensi dan konservasi energi dan air dan meminimalkan jejak karbon dari material yang digunakan.

 “Pembangunan gedung i-CELL merupakan upaya FTUI untuk menciptakan dan menyatukan laboratorium pendidikan yang terintegrasi, nyaman, dan modern di FTUI. Gedung laboratorium lintas disiplin ini juga didesain sebagai bentuk pengimplementasian gedung laboratorium hijau yang bebas emisi karbon,” ujar Hendri dalam siaran pers, Selasa (22/3/2022).

Penghematan energi gedung ini dicapai melalui penggunaan lampu-lampu yang hemat energi, instalasi on grid PV Solar Panel 101 kWp pada rooftop gedung yang mampu menghasilkan 30 persen energi listrik untuk gedung, dan kontrol penggunaan daya listrik dalam gedung yang terintegrasi. 

Penghematan air dilakukan melalui sistem rain water harvesting dimana air hujan ditampung dan dimanfaatkan untuk menunjang aktifitas operasional gedung dengan melewati proses filterisasi. 

Konservasi dari material yang digunakan dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang pada proses pembuatannya menghasilkan jejak karbon seminimal mungkin.

Dekan FTUI periode 2022—2026 Heri Hermansyah mengungkapkan apresiasinya atas pencapaian tersebut. “UI dan FTUI membuktikan komitmennya untuk kelestarian bumi Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia terkait Bangunan Gedung Hijau sebagai bentuk aksi pengurangan emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh pengelolaan bangunan gedung,” ujar Heri.

Di lingkungan UI, i-CELL merupakan gedung kedua yang berhasil mendapatkan sertifikasi EDGE dari Green Building Council Indonesia, setelah sebelumnya Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PUSGIWA) pada 2019.

Read Next