logo

Sekolah Kita

Bupati Sragen Lepas Kontingen Pramuka Penggalang ke Jambore Nasional XI

Bupati Sragen Lepas Kontingen Pramuka Penggalang ke Jambore Nasional XI
Pelepasan Pramuka Penggalang Kontingen Jamnas XI Kwarcab Sragen, Kamis (11/8/2022). (EDUWARA/Pemprov Jateng)
Redaksi, Sekolah Kita13 Agustus, 2022 01:18 WIB

Eduwara.com, SRAGEN – Sebanyak 16 peserta kontingen Jambore Nasional (Jamnas) XI 2022 dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Sragen dilepas Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kamis (11/8/2022). Pelepasan itu diselenggarakan di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen.

Jambore Nasional XI Tahun 2022 akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada 14 hingga 21 Agustus 2022. Pelepasan ditandai dengan penyematan lencana Pramuka Garuda oleh Yuni kepada seluruh peserta.

“Selamat dan jangan patah semangat. Anak-anak terpilih ini adalah duta dari Kabupaten Sragen yang harus menorehkan prestasi dan tetap menjaga nama baik Kabupaten Sragen,” ujar Yuni seperti dilansir Eduwara.com, Jumat (12/8/2022) dari laman resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Menurut Yuni, Pramuka memberikan andil besar dalam membentuk karakter generasi muda. Untuk itu, mereka juga diharapkan mampu menyerap berbagai pengalaman untuk diaplikasikan dalam kegiatan kepramukaan di Sragen.

“Selamat berkegiatan, semoga sehat semua agar dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan lancar dan sukses,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Sragen, Suwardi menjelaskan total peserta Kontingen Jamnas dari Kwarcab Pramuka Kabupaten Sragen ada 22 orang. Mereka terdiri atas delapan peserta Penggalang Putra, delapan peserta Penggalang Putri, dengan pembina pendamping dua orang dan empat orang pendukung kontingen.

“Rangkaian persiapan Jamnas XI adalah hasil dari seleksi peserta yang telah dilakukan pada 27 hingga 29 Mei 2022. Mereka juga telah mengikuti training center sebanyak empat kali, untuk mendapatkan materi pencapaian Pramuka Garuda,” jelas Suwardi.

Suwardi berpesan agar kesempatan yang telah diberikan kepada kontingen dalam ajang bertemu dan berinteraksi dengan sesama Pramuka Penggalang seluruh Indonesia itu bisa dilaksanakan sebaik-baiknya.

“Ini adalah kesempatan yang luar biasa. Bisa menimba ilmu dan wawasan yang seluasnya bagi adik-adik kita Penggalang. Sekaligus wahana pembentuk sikap dan perilaku guna meningkatkan kemandirian persatuan, kesatuan Pramuka Penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka yaitu Satya Dharma Pramuka,” lanjut dia.

Salah seorang peserta kontingen Jambore Nasional XI Kabupaten Sragen, Anisa Febriyan berharap keikutsertaannya bisa menambah ilmu pengetahuannya. Ilmu tersebut nantinya bisa ia bawa dan sebarkan kepada anggota Pramuka di Sragen. (K. Setia Widodo/*)

Read Next