logo

Sekolah Kita

Calon Independen Menangi Pemilos Online SMAN 3 Solo

Calon Independen Menangi Pemilos Online SMAN 3 Solo
Tayangan zoom para calon ketua dan wakil ketua Osis SMAN 3 Solo saat dilakukan pemungutan dan penghitungan suara oleh panitia Pemilos, Sabtu (23/10/2021). Eduwara.com/ Istimewa Dok. Panitia Pemilos SMAN 3 Solo (Eduwara.com/ Istimewa Dok. Panitia Pemilos SMAN 3 Solo)
Redaksi, Sekolah Kita24 Oktober, 2021 00:20 WIB

Eduwara.com, Solo – Pasangan calon ketua Osis dari jalur independen, Kintan Sabina Tulif Eliza dan Rizki Muliajati Saputra, memenangi pemilihan umum ketua Osis ( Pemilos) online SMAN 3 Solo, Sabtu (23/10/2021).

Pasangan nomor urut 3 Kintan dan Rizki berhasil meraup suara siswa sebanyak 516. Perolehan suara itu mengungguli dua pasangan lainnya. Pasangan calon nomor urut 1 dari ektrakurikuler Studi Teater, Danang Langit Bagaskoro dan Lamia Sungkar, memperoleh 313 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 2 Dani Bima Arisandhi Tarigan dan Muhammad Rizky Shalahuddin dari ekstrakurikuler Pasukan 17 memperoleh 292 suara.

Ketua Panitia Pemilos SMAN 3 Solo, Reinardus Rafael Pradipta Yulianto, saat dihubungi Eduwara.com, Sabtu (23/10/2021), mengatakan seratusan siswa tidak bisa mengikuti Pemilos karena kendala jaringan Internet dan ada kegiatan sekolah yang waktunya bersamaan dengan Pemilos.

“Pemungutan suara dimulai pukul 07.00WIB dan ditutup pukul 12.00WIB. Memang ada kawan-kawan siswa yang tidak bisa ikut Pemilos karena jadwal bertabrakan dengan kegiatan penting lainnya. Selain itu ada yang terkendala jaringan Internet,” ujar Rafael.

Menurut Rafael, seusai penghitungan suara panitia mengumumkan pemenang kepada warga sekolah secara online live streaming Youtube Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK). “Kemudian ada seremoni pidato kemenangan maupun ucapan selamat dari panitia dan guru.”

“Kami panitia dan MPK berharap ketua dan wakil ketua terpilih bisa amanah, dan bisa merealisasikan program yang telah mereka usung dalam pencalonan. Selain itu kami berharap ketua beserta pengurus Osis dapat bekerja dengan baik dan jujur,” kata Rafael.

Program Kerja

Sementara itu, ketua Osis terpilih, Kintan, ketika dihubungi Eduwara.com mengatakan berterimakasih kepada teman-teman siswa yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan kepada dia dan wakilnya. “Kami juga berterimakasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan pemilihan ketua Osis dengan baik dan lancar.”

“Untuk program kerja, di antaranya kami ingin membuat podcast Smaga (SMAN 3), kami ingin menggunakan fasilitas sekolah agar lebih bermanfaat bagi warga SMAN 3 Solo. Bahkan bagi masyarakat luas. Guna mendukung kerja kami, dalam waktu dekat kami akan mengadakan mengadakan regenerasi kepengurusan Osis,” ungkap Kintan.

Sementara itu, Wakil Kepala Humas SMAN 3 Solo, Larja, saat dihubungi Eduwara.com, Jumat (22/10/2021), mengatakan kegiatan Pemilos secara online dengan tahapan layaknya pemilihan presiden itu merupakan inovasi siswa. 

“Anak-anak sangat kreatif membuat proses Pemilos secara online. Mereka menyiapkan debat calon maupun presentasi di hadapan Waka Humas, Waka Sarpras, Waka Kurikulum, maupun Waka Kesiswaan.”

Larja menilai generasi muda perlu praktik berdemokrasi seperti dalam pemilihan ketua Osis itu. Hal itu sebagai bekal dalam melaksanakan pemilihan pemimpin negeri ini di masa depan. 

“Dalam keseharian di sekolah, kami telah menerapkan demokrasi. Siswa bisa menyampaikan kritik maupun keluhan terhadap segala sesuatu. Misal bila toilet sekolah kotor, beban tugas dari guru dinilai terlalu berat, mereka bisa menyampaikan kritik maupun saran.”

Kritik dan saran dari siswa itu, menurut Larja, dimasukkan dalam kotak saran yang dikeloka MPK. “Setelah ditampung MPK, kritik dan saran itu dikomunikasikan dengan pihak sekolah untuk dicarikan solusi. Kegiatan seperti ini semoga dapat menjadi contoh bagi sekolah lain.”

Editor: Riyanta

Read Next