logo

Sekolah Kita

Cerita Ihsan Hijaukan Bumi dengan Telang, Sabet Juara Pertama DKAI 2021

Cerita Ihsan Hijaukan Bumi dengan Telang, Sabet Juara Pertama DKAI 2021
Kegiatan Ihsan menyemai bibit Telang untuk dibagikan ((Tangkapan layar kanal YouTube Ihsan Rasyad Adinata/Bhakti) )
Redaksi, Sekolah Kita09 Desember, 2021 17:57 WIB

Memiliki keterpanggilan untuk melestarikan alam dan mencegah alam dari kerusakan membuat Ihsan Rasyad Adinata, siswa SDN Margorejo 1, Surabaya, Jawa Timur, menghijaukan bumi dengan tanaman kembang/bunga telang (Clitoria ternatea) yang memiliki banyak manfaat. Salah satuya adalah menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19. 

Karya Ihsan mengantarkan dirinya menjadi juara pertama dalam Dancow Kreasi Ibu dan Anak (DAKI) 2021 dengan inovasi “Yuk, Hijaukan Bumi Dengan Telang”.

“Dari bulan Maret 2021, saya menyemai benih telang yang telah tua ke dalam polybag organik dan menyiramnya setiap hari hingga tumbuh menjadi tanaman. Sudah tumbuh 10-15 cm, saya bagikan kepada masyarakat sekitar sekaligus menginformasikan manfaat telang dan cara pengolahannya,” papar Ihsan dalam Webinar Pengumuman Pemenang DAKI 2021, Kamis (9/12/2021).

Dikatakan Ihsan, dia membagi-bagikan bibit telang karena ingin mengajak seluruh masyarakat melakukan penghijauan. 

“Tanaman telang memiliki kandungan gizi yang tinggi, di antaranya sebagai antioksidan, untuk mencegah kanker, mencegah diabetes dan obesitas. Oleh karena itu saya memilih tanaman telang,” ujar Ihsan.

Ihsan membagikan bibit telang kepada warga sekitar (Tangkapan layar kanal YouTube Ihsan Rasyad Adinata/Bhakti) 

Membagikan Telang

Hingga saat ini, Ihsan telah menyemai 3.000 biji Telang dan membagikan 800 bibit polybag. Bibit tersebut dibagikan di sekitar kantor, sekolah di Jawa Timur di antaranya di Sidoarjo, Malang dan Pasuruan. 

Ihsan juga mengkreasikan telang menjadi berbagai produk olahan seperti Teh Telang, Puding Telang yang dikombinasikan dengan susu Dancow dan Nasi Biru Telang. 

Ihsan mengaku sangat suka kegiatan tanam-menanam. Tak main-main, untuk karya inovasinya ini, Ihsan tak segan melakukan wawancara dengan Ahli Gizi dari Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

“Jadi saya paham betul zat gizi yang terkandung dalam telang di antaranya adalah karbohidrat, protein, mineral, lemak, antosianin yang merupakan bagian dari flavonoid. Banyak sekali manfaat tanaman telang yang bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan kita,” tutur Ihsan.

Ihsan berpesan kepada seluruh anak-anak di Indonesia agar bersama menghijaukan bumi.

“Untuk teman teman mari hijaukan bumi dengan tanam telang di rumah. Tanaman ini memiliki banyak manfaat. Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau tidak dimulai dari sekarang? Lalu kapan lagi kita lestarikan bumi ini?” pungkas Ihsan. Bhakti Hariani

Read Next