logo

Kampus

Confucius Day, Cara CI UNS Solo Kenalkan Kebudayaan Tiongkok

Confucius Day, Cara CI UNS Solo Kenalkan Kebudayaan Tiongkok
Pengunjung sedang mencoba kaligrafi khas Tiongkok dalam Confucius Day oleh CI UNS Solo. (EDUWARA/Dok. @confucius_uns)
Redaksi, Kampus08 Oktober, 2022 02:55 WIB

Eduwara.com, SOLO – Confucius Institute (CI) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo turut menggelar perayaan Confucius Day pada tahun 2022. Terdapat beberapa kegiatan yang digelar di Gedung 1 FIB UNS pada Rabu (28/9/2022) lalu.

“Tujuan utama diselenggarakannya kegiatan ini, untuk menarik minat pelajar Indonesia terhadap bahasa Mandarin,” kata Direktur CI UNS, Stephanie Phanata seperti dilansir Eduwara.com, Jumat (7/10/2022), dari laman UNS Solo.

Confucius Day yang digelar pihaknya, sambung Stephanie, bertujuan memperkenalkan berbagai kebudayaan khas Tiongkok yang indah dan menarik untuk dipelajari. 

“CI UNS juga bermaksud untuk meningkatkan kualitas terhadap cara belajar bahasa Mandarin yang menarik. Ini juga salah satu upaya CI UNS untuk mendukung proses pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia,” tambah dia.

Beberapa kegiatan yang digelar CI UNS dimaksudkan untuk mengenalkan kebudayaan khas Tiongkok kepada pengunjung. Kegiatan yang digelar yaitu pameran buku, penampilan upacara minum teh, dan mencoba kaligrafi khas Tiongkok yakni Shufa.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat mengabadikan momen kunjungannya ke CI UNS selama Confucius Day di photobooth yang sudah disediakan, termasuk menikmati bazar makanan.

Dikunjungi Pelajar dan Mahasiswa

Pelajar dari berbagai sekolah turut meramaikan Confucius Day yang digelar CI UNS, seperti SMA Bina Widya, SMAN 6 Solo, dan SMA Pradita Dirgantara. Terdapat juga mahasiswa asal D4 Politeknik Kesehatan Kemenkes (Potekkes) Solo, S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok FIB UNS, dan D3 Bahasa Mandarin Sekolah Vokasi UNS, turut menghadiri acara tersebut.

Tidak ketinggalan, Dekan FIB UNS Solo, Warto juga menghadiri acara tersebut. Pada kesempatan itu, dia berkesempatan memetik kecapi khas Tiongkok yaitu guzheng dan menyaksikan pameran buku.

Warto juga menyaksikan upacara minum teh, berinteraksi dengan mahasiswa Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok FIB UNS, sekaligus mengabadikan momen pada perayaan Confucius Day di photobooth.

“Saya menyambut baik Confucius Day yang diselenggarakan oleh CI UNS. Harapannya, kegiatan ini bisa memperkenalkan budaya Tiongkok kepada masyarakat Indonesia, terutama yang ada di Kota Solo,” harap dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next